PERTANNYAAN DAN JAWABAN TENTANG AGAMA



1.     Jelaskan pengertian Agama :
a)     Secara umum : diartikan sebagai sistem orientasi dan obyek pengabdian dalam pengertian semua orang adalah makhluk religius karena tak seorang pun dapat hidup tanpa suatu sistem yang mengaturnya dan tetap dalam kondisi sehat.
b)    Secara khusus : agama adalah suatu realitas yang senantiasa melingkup manusia. Agama muncul dalam kehidupan manusia dalam berbagai dimensi dan sejarahnya.
2.     Jelaskan fungsi agama menurut Prof. Drjalaludin :
a)     Fungsi edukatif (pendidikan) : ajaran agama secara yuridis (hukum) berfungsi menyuruh/mengajak dan melarang yang harus dipatuhi agar pribadi penganutnya menjadi baik dan benar dan terbiasa dengan yang baik dan yang benar menurut ajaran agama masing – masing.
b)    Fungsi penyelamat : dimanapun manusia berada dia selalu menginginkan dirinya selamat. Keselamatan yang diberikan oleh agama meliputi kehidupan dunia dan akhirat.
c)     Fungsi perdamaian :  melalui tuntunan agama seorang/sekelompok orang yang bersalah atau berdosa mencapai kedamaian batin dana perdamaian dengan diri sendiri , sesama, semesta dan Allah. Tentu dia/mereka  harus bertaubat dan mengubah cara hidup
d)    Fungsi kontrol sosial : ajaran agama membentuk penganutnya makin peka terhadap masalah masalah sosial seperti kemaksiatan ,kemiskinan, keadilan, kesejahteraan dan kemanusiaan. Kepekaan ini juga mendorong untuk tidak bisa berdiam diri menyaksikan kebatilan yang merasuki sistem kehidupan yang ada.
e)     Fungsi pemupuk rasa solidaritas : bila fungsi ini dibangun secara serius dan tulus maka persaudaraan yang kokoh akan berdiri tegak menjadi pilar “Civil Society” (kehidupan masyarakat) yang memukau.
f)      Fungsi pembaharuan : ajaran agama dapat mengubah kehidupan pribadi seseorang atau kelompok menjadi kehidupan baru. Dengan fungsi ini seharusnya agama terus menerus menjadi agen perubahan basis basis nilai dan moral bagi kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara.
g)     Fungsi kreatif : fungsi ini menopang dan mendorong fungsi pembaharuan untuk mengajak umat beragama bekerja produktif dan inovatif bukan hanya bagi diri sendiri tetapi juga bagi orang lain.
h)    Fungsi sublimatif : (bersifat perubahan emosi). Ajaran agama mensucikan segala usaha manusia , bukan saja yang bersifat agamawi , melainkan juga bersifat duniawi. Usaha manusia selama tidak bertentangan dengan norma norma agama , bila dilakukan atas niat yang tulus karena untuk Allah itu adalah ibadah.

3. Menurut Prof. Harunasution agama memilik 4 unsur yaitu :
a)     Kekuatan gaib : manusia merasa dirinya lemah dan berhajat pada kekuatan gaib itu sebagai tempat minta tolong. Oleh karena itu manusia harus mengadakan hubungan baik dengan kekuatan gaib tersebut. Hubungan baik itu dapat diwujudkan dengan mematuhi perintah dan larangan kekuatan gaib itu.
b)    Keyakinan manusia : bahwa kesejahteraannya di dunia ini dan hidupnya di akhirat tergantung pada adanya hubungan baik dengan kekuatan gaib yang dimaksud. Dengan hilangnya hubungan baik itu kesejahteraan dan kebahagian yang dicari akan hilang pula.
c)     Respons yang bersifat emosional dari manusia. Respon itu biasa mengambil bentuk perasaan takut seperti yang terdapat dalam agama agama primitive atau perasaan cinta seperti  yang terdapat dalam agama agama monoteisme. Selanjutnya respons mengambil bentuk penyembahan yang terdapat dalam agama agama primitive atau pemujaan yang terdapat dalam agama agama monoteisme. Lebih lanjut lagi respons itu juga mengambil bentuk cara hidup tertentu bagi masyarakat yang bersangkutan.
d)    Paham adanya yang kudus (scared) dan suci dalam bentuk kekuatan gaib dalam bentuk kitab yang mengandung ajaran ajaran agama yang bersangkutan dan dalam bentuk tempat tempat tertentu.
4. Menurut Prof. Dr. Abudin Nata dalam bukunya metodologi studi Islam ada 3 alasan perlunya  manusia terhadap agama :
a)     Latar belakang fitrah manusia : Dalam bukunya berjudul perspektif manusia dan Agama, Murthada Muthahhari mengatakan, bahwa di saat berbicara tentang para nabi, Imam Ali as. Menyebutkan bahwa mereka diutus untuk mengingatkan manusia kepada perjanjian yang telah diikat oleh fitrah mereka, yang kelak mereka akan dituntut untuk memenuhinya. Perjanjian itu tidak tercatat diatas kertas, tidak pula diucapkan oleh lidah, melainkan terukir dengan pena ciptaan Allah di permukaan kalbu dan lubuk fitrah manusia, dan diatas permukaan hati nurani serta di kedalaman perasaan batiniah
b)    Kelemahan dan kekurangan manusia : Faktor yang lainnya yang melatarbelakangi manusia memerlukan agama adalah karena di samping manusia memiliki berbagai kesempurnaan juga memiliki kekurangan. Hal ini antara lain diungkapkan oleh kata al-nafs menurut quraish shihab, bahwa dalam pandangan Alquran, nafs diciptakan Allah dalam keadaan sempurna yang berfungsi menampung serta mendorong manusia berbuat kebaikan dan keburukan, dan Karena itu sisi dalam manusia inilah yang oleh Alquran dianjurkan untuk diberi perhatian lebih besar.
c)     Tantangan manusia faktor lain yang menyebabkan manusia memerlukan agama adalah karena manusia dalam kehidupannya senantiasa menghadapi berbagai tantangan, baik yang datang dari dalam maupun luar. Tantangan dari dalam dapat berupa dorongan hawa nafsu dan bisikan setan (lihat QS 12:5 dn 17:53). Sedangkan tantangan dari luar dapat berupa rekayasa dan upaya-upaya yang dilakukan manusia yang secara sengaja berupaya ingin memalingkan manusia dari Tuhan. Mereka rela mengeluarkan biaya, tenaga, dan pikiran yang dimanifestasikan dalam berbagai bentuk kebudayaan yang didalamnya mengandung misi menjauhkan manusia dari Tuhan. 










KELOMPOK 2


1.     Jelaskan pengertian motivasi beragama !
Jawab : : merupakan dorongan psikis yang mempunyai landasan ilmiah dalam watak kejadian manusia. Dalam relung jiwanya manusia merasakan adanya dorongan untuk mencari dan memikirkan sang penciptanya dan pencipta alam semesta, dorongan untuk menyembahnya, meminta pertolongan kepadanya setiap kali ia ditimpa malapetaka dan bencana.
2.     Secara fitroh motivasi dalam diri manusia dapat dibagi 3 macam yaitu:
a)     Motivasi spiritual
b)    Motivasi fisiologis
c)     Motivasi psikologis
            Jelaskan tiga motivasi tersebut dalam hubungannya dengan motivasi beragama !
Jawab :
a)   hal ini terdiri dari keinginan manusia untuk terhindar dari sifat-sifat buruk yang mampu merusak keimanan : Motivasi memelihara diri dari kemusyrikan, motivasi memelihara diri dari kekufuran, motivasi memelihara diri dari kemunafikan.
b)  (yang bersifat jasmaniah) yang terdiri dari : Motivasi pemeliharaan diri, motivasi kepada kelangsungan jenis (berkeluarga dan berketurunan)
c)   yang terdiri dari : Motivasi memiliki, Motivasi Agresif (dalam kajian sifat, kata-kata maupun fisik).

3.     Tujuan orang beragama paling tidakada 4 halyaitu :

Jawab :
a)     Menegakan kepercayaan manusia hanya kepada Allah,Tuhan Yang Maha Esa.
b)    Mengatur kehidupan manusia di dunia,agar kehidupan teratur dengan baik, sehingga dapat mencapai kesejahterahan hidup, lahir dan batin, dunia dan akhirat.
c)     Menjunjung tinggi dan melaksanakan peribadatan hanya kepada Allah.
d)    Menyempurnakan akhlak manusia

4.     Menurut Komarudin Hidayat ada 5 jenis tipologi sikap beragama yaitu :
a)     Eksklusivisme
b)    Inklusivisme
c)     Pluralisme / paralelrisme
d)    Ektletivisme
e)     Universalisme
      Jelaskan 5 tipologi diatas!
          Jawab :
a.             merupakan pandangan yang dominan dari zaman ke zaman, dan terus dianut hingga dewasa ini. Tuntutan kebenaran yang dipeluknya mempunyai ikatan langsung dengan tuntutan eksklusivitas. Artinya,kalau suatu pernyataan dinyatakan, maka pernyataan lain yang berlawanan tidak bisa benar.
b.   Sikap inklusivisme berpandangan bahwa di luar agama yang dipeluknya juga terdapat kebenaran, meskipun tidak seutuh atau sesempurna agama yang dianutnya. Di sini masih didapatkan toleransi teologis dan iman.
Menurut Nurcholish Madjid, sikap inklusif adalah yang memandang bahwa agama-agama lain adalah bentuk implisit agama kita.
c.    Menurut Komarudin Hidayat, sikap pluralis melebih moderat dari sikap inklusivisme, atau bahkan dari eksklusivisme. Ia berpandangan bahwa secara teologis pluralitas agama dipandang sebagai suatu realitas niscaya yang masing-masing berdiri sejajar (paralel).Di lingkungan Islam, tafsir Islam pluralis merupakan pengembangan secara lebih liberal dari Islam inklusif.
d.   suatu sikap keberagamaan yang berusaha memilih dan mempertemukan berbagai segi ajaran agama yang dipandang baik dan cocok untuk dirinya sehingga format akhir dari sebuah agama menjadi semacam mosaik yang bersipat eklektik.
e.    bahwa pada dasarnya semua agama adalah satu dan sama. Hanya saja, karena factor historis-antropologis, agama lalu tampil dalam format plural.

5. Jelaskan peranan agama pada realitas kehidupan manusia !
     Jawab : : Agama mengambil peranan penting dalam keberadaan suatu masyarakat atau komunitas. Karena suatu agama atau kepercayaan akan tetap langgeng jika terus diamalkan oleh masyarakat secara kontiniu.Sehingga agama atau kepercayaan mengambil peranan yang penting dan menempati fungsi-fungsi yang ada dalam suatu masyarakat








SOAL KELOMPOK 3
1.     Jelaskan pengertian etika dalam agama islam !
Jawab : sebagai ilmu yang menyelidiki mana yang baik dan mana yang buruk dengan memperhatikan amal perbuatan manusia sejauh yang dapat diketahui oleh akal pikiran
2.     Jelaskan bagaimana implementasi etika dalam kehidupan umat islam?
Jawab :
     Implementasi Toleransi Dalam Kehidupan Sehari-hari
Ø Konsep toleransi dalam islam

          Toleransi mengarah kepada sikap terbuka dan mau mengakui adanya berbagai macam perbedaan, baik dari sisi suku bangsa, warna kulit, bahasa, adapt-istiadat, budaya, bahasa, serta agama. Ini semua merupakan fitrah dan sunnatullah yang sudah menjadi ketetapan Tuhan.
Toleransi dalam beragama bukan berarti kita hari ini boleh bebas menganut agama tertentu dan esok hari kita menganut agama yang lain atau dengan bebasnya mengikuti ibadah dan ritualitas semua agama tanpa adanya peraturan yang mengikat. Akan tetapi, toleransi beragama harus dipahami sebagai bentuk pengakuan kita akan adanya agama-agama lain selain agama kita dengan segala bentuk system, dan tata cara peribadatannya dan memberikan kebebasan untuk menjalankan keyakinan agama masing-masing.

Ø Hubungan Antara Toleransi dengan Ukhuwah (persaudaraan) Sesama Muslim

          Untuk mengembangkan sikap toleransi secara umum, dapat kita mulai terlebih dahulu dengan bagaimana kemampuan kita mengelola dan mensikapi perbedaan (pendapat) yang (mungkin) terjadi pada keluarga kita atau pada keluarga/saudara kita sesama muslim. Sikap toleransi dimulai dengan cara membangun kebersamaan atau keharmonisan dan menyadari adanya perbedaan. Dan menyadari pula bahwa kita semua adalah bersaudara. Maka akan timbul rasa kasih saying, saling pengertian dan pada akhirnya akan bermuara pada sikap toleran. Dalam konteks pendapat dan pengamalan agama, al-Qur’an secara tegas memerintahkan orang-orang mu’min untuk kembali kepada Allah (al-Qur’an) dan Rasul (sunnah).

3.     Jelaskan pengertian toleransi beragama!
saling menghargai agama orang lain dan tidak boleh memaksakan orang lain untuk menganut agama kita serta kita tidak diperbolehkan untuk mengejek-ngejek ataupun mencela agama orang lain dengan alasan apapun karena sejatinya kita adalah sama-sama manusia .
4.     Bagaimana makna toleransi beragama menurut majelis ulama Indonesia ?
saling menghormati dan berlapang dada terhadap pemeluk agama lain, tidak memaksa mereka mengikuti agamanya dan tidak mencampuri urusan agama masing-masing. 





























KELOMPOK 4

1.     Jelaskan pengertian akhlak, moral, dan etika !
Jawab :
a.     Etika adalah ilmu pengetahuan tentang asas-asas akhlak (moral).
b.     Moral adalah penetuan baik buruk terhadap perbuatan dan kelakuan.
c.      Akhlak merupakan sikap yang melekat pada diri seseorang dan secara spontan diwujudkan dalam tingkah laku dan perbuatan
2.     Jelaskan ciri yang khusus dari akhlak !
Jawab : meliputi segi-segi kejiwaan dari tingkah laku lahiriah dan batiniah seseorang
3.     Jelaskan perbedaan akhlak, moral, dan etika !
Jawab :
a.     Dalam etika untuk menentukan nilai perbuatan manusia baik atau buruk menggunakan tolak ukur akal pikiran atau rasio.
b.     Dalam moral menggunakan tolak ukur norma-norma yang tumbuh dan berkembang dan berlangsung dalam masyarakat (adat istiadat).
c.      Dalam akhlaq menggunakan ukuran Al Qur’an dan Al Hadis untuk menentukan baik-buruknya.
4.     Jelaskan tentang akhlak kepada alloh !
Jawab :                                    
a.     Beribadah kepada Allah, yaitu melaksanakan perintah Allah untuk menyembah-Nya sesuai dengan perintah-Nya. Seorang muslim beribadah membuktikan ketundukkan terhadap perintah Allah.
b.     Berzikir kepada Allah, yaitu mengingat Allah dalam berbagai situasi dan kondisi, baik diucapkan dengan mulut maupun dalam hati. Berzikir kepada Allah melahirkan ketenangan dan ketentraman hati.
c.      Berdo’a kepada Allah, yaitu memohon apa saja kepada Allah. Do’a merupakan inti ibadah, karena ia merupakan pengakuan akan keterbatasan dan ketidakmampuan manusia, sekaligus pengakuan akan kemahakuasaan Allah terhadap segala sesuatu. Kekuatan do’a dalam ajaran Islam sangat luar biasa, karena ia mampu menembus kekuatan akal manusia. Oleh karena itu berusaha dan berdo’a merupakan dua sisi tugas hidup manusia yang bersatu secara utuh dalam aktifitas hidup setiap muslim.Orang yang tidak pernah berdo’a adalah orang yang tidak menerima keterbatasan dirinya sebagai manusia karena itu dipandang sebagai orang yang sombong, suatu perilaku yang tidak disukai Allah.
d.     Tawakal kepada Allah, yaitu berserah diri sepenuhnya kepada Allah dan menunggu hasil pekerjaan atau menanti akibat dari suatu keadaan.
e.     Tawaduk kepada Allah, yaitu rendah hati di hadapan Allah. Mengakui bahwa dirinya rendah dan hina di hadapan Allah Yang Maha Kuasa, oleh karena itu tidak layak kalau hidup dengan angkuh dan sombong, tidak mau memaafkan orang lain, dan pamrih dalam melaksanakan ibadah kepada Allah.
5.     Jelaskan tentang akhlak kepada manusia !
Jawab :
1.     Akhlak terpuji
Ø Sabar, yaitu prilaku seseorang terhadap dirinya sendiri sebagai hasil dari pengendalian nafsu dan penerimaan terhadap apa yang menimpanya
Ø Syukur, yaitu sikap berterima kasih atas pemberian nikmat Allah yang tidak bisa terhitung banyaknya. Syukur diungkapkan dalam bentuk ucapan dan perbuatan.
Ø Tawaduk, yaitu rendah hati, selalu menghargai siapa saja yang dihadapinya, orang tua, muda, kaya atau miskin.
Ø Tasamu, yaitu sikap tenggang rasa, saling menghormati dan saling menghargai sesama manusia
Ø Ta’awun, berarti tolong menolong, gotong royong, bantu membantu dengan sesama manusia.
2.     Akhlak tercela
v Hasad, yaitu iri hati, dengki
v Dendam, yaitu keinginan keras yang terkandung dalam hati untuk membalas kejahatan
v Gibah dan Fitnah, yaitu membicarakan kejelekan orang lain dengan tujuan untuk menjatuhkan nama baiknya.
6.     Jelaskan tentang akhlak kepada lingkungan !
Jawab :
1.     Yang dimaksud dengan lingkungan adalah segala sesuatu yang disekitar manusia, baik binatang, tumbuh-tumbuhan maupun benda-benda yang tidak bernyawa.Pada dasarnya akhlak yang diajarkan al-Qur'an terhadap lingkungan bersumber dari fungsi manusia sebagai khalifah. Kekhalifahan menuntut adanya interaksi antara manusia dengan sesamanya dan manusia terhadap alam. Kekhalifahan mengandung arti pengayoman, pemeliharaan, serta bimbingan, agar setiap makhluk mencapai tujuan penciptaanya.
2.     Dalam pandangan Islam, seseorang tidak dibenarkan mengambil buah sebelum matang, atau memetik bunga sebelum mekar, karena hal ini berarti tidak memberi kesempatan kepada makhluk untuk mencapai tujuan penciptaannya.Ini berarti manusia dituntut mampu menghormati proses yang sedang berjalan, dan terhadap proses yang sedang terjadi. Yang demikian mengantarkan manusia bertangung jawab, sehingga ia tidak melakukan perusakan terhadap lingkungan harus dinilai sebagai perusakan pada diri manusia itu sendiri.
3.     Binatang, tumbuh-tumbuhan dan benda-benda tak bernyawa semuanya di ciptakan oleh Allah SWT, dan menjadi milik-Nya, serta kesemuanya memiliki ketergantungan kepada-Nya. Keyakinan ini mengantarkan seorang muslim untuk menyadari bahwa semuanya adalah "umat" Tuhan yang harus diperlakukan secara wajar dan baik.

7.     Ada beberapa akhlak mulia yang baik untuk diterapakan dalam tugas keperawatan antara lain :
a. empati : Sikap keterbukaan, kepeddulian seorang perawat pada pasiennya.
b.Penampilan yang menarik : Didepan pasien kita harus berpenampilan yang rapi,tidak mungkin kan, kalaukita berpenampilan di depan pasien berantakan, yang ada pasien malah tidak mau di rawat oleh kita.
c.Kejujuran :Perawat harus mengatakan apa adanya tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan keadaan pasien.
d. Keriangan : Perawat harus menunjukkan sikap riang,bahagia.jangan tunjukkan sikap jutek di depan pasien, pasien pasti akan takut melihat muka kita yang seperti itu.
e. Berjiwasportif : Perawat harus menjalankan tugasnya dengan benar, apabila mengalami kesalahan, perawat harus mengevaluasinya lagi dan introspeksi diri.
f. RendahhatidanMurahhati :    Apabila perawat bertemu dengan pasien,perawat harus menunjukkan sikap ramah dan bantu pasien apabila ada yang memerlukan bantuan.

g.Dapatdipercaya : Perawat harus bisa menjaga privasi pasien.jangan suka mengumbar kekurangan pasien sekalipun dengan teman sejawat.
h. loyalitas : Sesama perawat harus bisa bekerja sama dan saling membantu.
i. Pandaimenimbangperasaan : Perawat dalam menyampaikan suatu pernyataannya terhadap pasien  harus memiliki sikap ini supaya tidak menambah beban pikiran pasien.
j. pandaibergaul : Salah satu contohnya : perawat menyapa pasien apabila bertemu
k. Keramahan,simpati,dankerjasama :     Perawat harus bisa menunjukkan sikap ramah dan simpatinya terhadap pasien, hal ini di harapkan supaya pasien merasa nyaman dengan kita  dan akhirnya si pasien mudah di ajak kerja sama dengan kita.

l. rasa humor : Selain itu, kita juga harus memiliki rasa humor, setidaknya dengan memberikan sedikit humor kepada pasien mampu mengurangi beban pikirannya.
m. sopansantun : Sebagai seorang perawat, kita harus menghormati yang lebih tua dari kita sekalipun itu pasien.tidak hanya dengan yang lebih tua dengan teman sejawat atau yang umurnya di bawah kitapun,kita juga harus tunjukkan sikap ini.
Jelaskan 13 akhlakmuliatersebut !












KELOMPOK 5

1.jelaskan pengertian sains !
Jawab : ilmu pengetahuan yang dibentuk secara kreatif dan sistematis melalui proses observasi yang berlangsung secara terus menerus dan menghasilkan kebenaran objektif, sudah diuji kebenarannya, dan dapat diuji ulang secara ilmiah.
2. jelaskan pengertian teknologi ! Teknologi merupakan salah satu budaya dari hasil penerapan praktis ilmu pengetahuan.
3. jelaskan pandangan islam terhadap sains dan teknologi ! Sains dan teknologi merupakan dasar dan pondasi yang menjadi penyangga bangunan peradaban modern barat sekarang ini. Masa depan suatu bangsa akan banyak ditentukan oleh tingkat penguasaan bangsa itu terhadap sains dan teknologi. Suatu masyarakat atau bangsa tidak akan memiliki keunggulan dan kemampuan daya sains yang tinggi, bila ia tidak mengambil dan mengembangkan sains dan teknologi. Bisa dimengerti bila setiap bangsa dimuka bumi ini berlomba-lomba serta bersaing secara ketat dalam penguasaan dan pengembangan sains dan teknologi, dan diakui bahwa sains dan teknologi disatu sisi, telah memberikan berkah dan anugrah yang luar biasa bagi kehidupan umat manusia. Namun disisi lain sains dan teknologi telah mendatangkan petaka yang pada gilirannya mengancam nilai-nilai kemanusiaan. Kemajuan dalam bidang sains dan teknologi telah menimbulkan perubahan sangat cepat dalam kehidupan umat manusia.
4. jelaskan pengaruh sains dan teknologi dalam agama islam !
a.  Pertama :ada yang memandang agama sebagai factor yang terpenting bagi kohesi dan solidaritas masyarakat. Disini agama dilihat sebagai factor yang essensial dari identitas dan integrasi masyarakat.
b.  Kedua:ada yang melihat agama sebagagai factor perubahan social, atau dengan kata lain memandang agama mempunyai pengaruh yang besar dalam perubahan social.
c. Ketiga: sekarang timbul juga pandangan terhadap agama sebagai fungsi social.agama disini mempunyai fungsi sebagai system interpretasi yang mencerminkan pemahaman diri masyarakat yang mencerminkan pemahan diri dari masyarakat dan kedudukannya serta tugasnya didalam alam semesta
5. agama islam tidak menghambat perkembangan teknologi, jelaskan pernyataan tersebut !
a.  Al-qur’an selalu memerintahkan manusia medayagunakan akalnya semaksimal mungkin dan menyebutkan akal sebagai anugrah besar yang tidak patut di sia-siakan.
b.  Al-Qur’an membuat pernyataan dalam beberapa bagian ayat-ayatnya bahwa bumi dan seluruh  bagian langit ditundukkan (oleh allah) kepada/untuk kepentingan manusia(Al-Jatsiah : 13) malam dan siang dapat diatur sesuai dengan kepentingan manusia, artinya malam yang gelap dapat diubah menjadi terang seperti siang dan sebaliknya siang dapat diubah menjadi gelap, matahari dan bulan dapat dimanfaatkan sumberdayanya (An-Nahl:12). Sungai-sungai dapat dikendalikan dan dimanfaatkan potensinya (Ibrahim : 32), lautan dengan segala kekayaannya, dari bahan makanan (ikan) sampai bahan perhiasan (mutiara) akan dapat diekspoloitasi manusia (An-Nahl : 14).
c.   Narasi Al-Qur’an berulangkali menyebut kemajuan budaya manusia dengan kemampuan teknologinya. Gunung-gunung dapat dikendalikan, burung-burung dapat dijinakkan,besi-besi dapat dilunakkan (diproduksi dalam berbagai macam bentuk), cairan baja merupakan bahan yang sangat potensial dalam membuat bendungan raksasa.
d.  Disamping itu, Al-Qur’an juga mengingatkan, bahwa manusia mempunyai kecenderungan untuk menyalahgunakan kemapuan-kemampuan, menyimpangkan dari tujuan teknologi yang dikuasainya, memiliki keserakahan eksploitatif dalam mengejar kekayaan alam sehingga merusak ekosistem dan mencemari kesehatan dan kelestarian lingkungan. Al-Quran melarang sikap yang menghancurkan diri seperti yang demikian itu,
6. bagaimana konsep ilmu pengetahuan dan teknologi dalam islam ?  Peradaban manusia mengalami puncak kejayaan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi(IPTEK). Iptek menjadi dasar dan pondasi yang menyangga bangunan peradaban modern. Hal ini berarti masa depan suatu bangsa akan banyak di tentukan oleh tingkat penguasaannya terhadap Iptek
7. menurut agama islam, bahwa dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi harus menyatukan tiga pilar yaitu iman, ilmu, dan amal, jelaskan pernyataan tersebut !
a.  Iman diidentikan dengan akar dari sebuah pohon yang menopang tegaknya ajaran islam.
b.  Ilmu bagaikan batang pohon  yang mengeluarkan dahan-dahan cabang-cabang ilmu pengetahuan.
c.   Sedangkan amal ibarat buah dari pohon itu identik dengan teknologi dan seni. Iptek yang dikembangkan diatas nilai-nilai iman dan ilmu akan menghasilkan amal shalih,bukan kerusakan alam.
8.     jelaskan apa yang dimaksud dengan sekularisasi antara agama dan ilmu pengetahuan !
Istilah Sekularisasi berakar dari kata sekuler yang berasal dari bahasa latin Seaculum artinya abad (age, century ), yang mengandung arti bersifat dunia, atau berkenaan dengan kehidupan dunia sekarang. Dalam bahasa Inggris kata secular berarti hal yang bersifat duniawi, fana, temporal, tidak bersifat spiritual, abadi dan sakral serta kehidupan di luar agama.
Sekularisasi berasal dari dunia Barat Kristiani, yang muncul dengan diserukan oleh para pemikir bebas agar mereka terlepas dari ikatan gereja, para pemuka agama dan pendetanya. Para ahli pikir pada saat itu tidak memiliki kebebasan berpikir. Apabila terdapat pemikiran-pemikiran yang bertentangan dengan ajaran gereja, orang yang mengemukakan akan mendapat hukuman berat.  Pihak geraja melarang diadakannya penyelidikan-penyelidikan berdasarkan rasio terhadap agama. Karena itu, kajian terhadap agama/teologi yang tidak berdasarkan ketentuan gereja akan mendapatkan larangan yang ketat, yang berhak mengadakan penyelidikan terhadap agama hanyalah pihak gereja
Filsafat abad pertengahan ini lazim disebut Filsafat Scholastik, diambil dari kata Schuler yang berarti ajaran atau sekolahan kemudian kata scholastik menjadi istilah bagi filsafat pada abad ke-9 sampai dengan abad ke-15 yang mempuyai corak khusus yaitu filsafat yang dipengaruhi agama.
Pada akhir abad pertengahan sebelum masuknya abad modern  munculah gerakan  yang dalam sejarah filsafat  disebut Renaissance. Kata renaissance berarti kelahiran kembali. Secara historisRenaissance adalah suatu gerakan yang meliputi zaman di mana orang merasa dirinya telah dilahirkan kembali. Di dalam kelahiran kembali itu orang kembali kepada sumber-sumber yang murni bagi pengetahuan.
Jadi dapat disimpulkan bahwa Secara ontologi sekularisasi ilmu pengetahuan memiliki arti suatu proses pelepasan / pembebasan ilmu dari setiap pengaruh agama sebagai landasan berpikir. Sekularisasi lahir dari pemberontakan ahli pikir terhadap tindakan  gereja yang sangat membelenggu kehidupan manusia, sehingga manusia tidak lagi memiliki kebebasan untuk mengembangkan potensi yang terdapat dalam dirinya.
9. jelaskan  tujuan islamisasi dalam menyikapi ilmu pengetahuan yang baru masuk !
a.  Penguasaan disiplin ilmu modern.
b.  Penguasaan warisan Islam.
c.   Penentuan relevansi khusus Islam bagi setiap bidang pengetahuan modern.
d.  Pencarian cara-cara untuk menciptakan perpaduan kreatif antara warisan Islam dan pengetahuan modern (melalui survey masalah umat Islam dan umat manusia seluruhnya).
e.   Pengarahan pemikiran Islam ke jalan yang menuntunnya menuju pemenuhan pola Ilahiyah dari Allah.
f.    Realisasi praktis islamisasi pengetahuan melalui: penulisan kembali disiplin ilmu modern ke dalam kerangka Islam dan menyebarkan pengetahuan Islam.
g.  Kepentingan aqidah, bahwa aqidah Islam adalah dasar ilmu pengetahuan, pengkajian dan aplikasi keilmuan.
h.  Kepentingan kemanusiaan, bahwa aktivitas keilmuan yang didasarkan dan dikontrol iman akan mewujudkan manusia seutuhnya sesuai dengan hakikat penciptaannya.
i.    Kepentingan peradaban, bahwa kehidupan dengan sistem Islam, dan segala aktivitasnya yang berjalan dalam koridor aturan Allah SWT secara konsisten akan membawa manusia pada peradaban yang agung.
j.    Kepentingan ilmiah, bahwa segala aktivitas keilmuan selalu dapat dipertanggungjawabkan secara horisontal (dan tentu saja secara transendental ke hadirat Allah SWT).
10. Ada 10 konsep Islam yang diharapkan dapat dipakai dalam meneliti sains modern dalam rangka membentuk cita-cita Muslim, sebutkan !
1.  Tauhid : meyakini hanya ada 1 Tuhan, dan kebenaran itu dari-Nya.
2.     Khalifah : kami berada di bumi sebagai wakil Allah — segalanya sesuai keinginan-Nya.
3.     Ibadah (pemujaan) : keseluruhan hidup manusia harus selaras dengan ridha Allah, tidak serupa kaum Syu’aib yang memelopori akar sekularisme: “Apa hubungan sholat dan berat timbangan (dalam dagang)”.

Sarana:
4.     Islam : tidak menghentikan pencarian ilmu untuk hal-hal yang bersifat material, tapi juga metafisme, semisal diuraikan Yusuf Qardhawi dalam “Sunnah dan Ilmu Pengetahuan”.
Penuntun:
5.     Halal (diizinkan).
6.     Adil (keadilan) : semua sains bisa berpijak pada nilai ini: janganlah kebencian kamu terhadap suatu kaum membuat-mu berlaku tidak adil. (Q.S. Al-Maidah 5 : 8). Keadilan yang menebarkan rahmatan lil alamin, termasuk kepada hewan, misalnya: menajamkan pisau sembelihan.
7.     Istishlah (kepentingan umum).
Pembatas :
8.     Haram (dilarang).
9.     Zhulm (melampaui batas).
Dziya’ (pemborosan) : “Janganlah boros
10.            Peran Islam dalam perkembangan iptek pada dasarnya ada 2 hal, yaitu pertama menjadikan Aqidah Islam sebagai paradigma ilmu pengetahuan, Kedua menjadikan Syariah Islam (yang lahir dari Aqidah Islam) sebagai standar bagi pemanfaatan iptek dalam kehidupan sehari-hari. jelaskan 2 hal tersebut !
11.            Menjadikan Aqidah Islam sebagai paradigma ilmu pengetahuan. Paradigma inilah yang seharusnya dimiliki umat Islam, bukan paradigma sekuler seperti yang ada sekarang. Paradigma Islam ini menyatakan bahwa Aqidah Islam wajib dijadikan landasan pemikiran (qa’idah fikriyah) bagi seluruh bangunan ilmu pengetahuan. Ini bukan berarti menjadi Aqidah Islam sebagai sumber segala macam ilmu pengetahuan, melainkan menjadi standar bagi segala ilmu pengetahuan. Maka ilmu pengetahuan yang sesuai dengan Aqidah Islam dapat diterima dan diamalkan, sedang yang bertentangan dengannya, wajib ditolak dan tidak boleh diamalkan.
12.            menjadikan Syariah Islam (yang lahir dari Aqidah Islam) sebagai standar bagi pemanfaatan iptek dalam kehidupan sehari-hari. Standar atau kriteria inilah yang seharusnya yang digunakan umat Islam, bukan standar manfaat (pragmatisme/utilitarianisme) seperti yang ada sekarang. Standar syariah ini mengatur, bahwa boleh tidaknya pemanfaatan iptek, didasarkan pada ketentuan halal-haram (hukum-hukum syariah Islam). Umat Islam boleh memanfaatkan iptek, jika telah dihalalkan oleh Syariah Islam. Sebaliknya jika suatu aspek iptek telah diharamkan oleh Syariah, maka tidak boleh umat Islam memanfaatkannya, walau pun ia menghasilkan manfaat sesaat untuk memenuhi kebutuhan manusia.

13.            Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) di satu sisi berdampak positif, namun di sisi lain juga berdampak negatif. Jelaskan pernyataan tersebut ! 

a.                    Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) di satu sisi memang berdampak positif, yakni dapat memperbaiki kualitas hidup manusia. Berbagai sarana modern industri, komunikasi, dan transportasi
b.                    berdampak negatif karena merugikan dan membahayakan kehidupan dan martabat manusia.
















KELOMPOK 6

1.     Jelaskan peran keperawatan dalam islam!  ajaran Islam sangat melarang pola hidup yang mengabaikan kebersihan, seperti buang kotoran dan sampah sembarangan, membuang sampah dan limbah di sungai/sumur yang airnya tidak mengalir dan sejenisnya. Islam sangat menekankan kesucian (al-thaharah), yaitu kebersihan atau kesucian lahir dan batin
2.     Islam sangat menekankan kesucian (al-thaharaf), yaitu kebersihan atau kesucian lahir dan batin dengan hidup bersih, maka kesehatan akan semakin terjaga, sebab selain bersumber dari perut sendiri, penyakit sering kali berasal dari lingkungan yang kotor. Jelaskan statement berikut!
Jawab : Islam juga berperan mendidik dan merupah pola perilaku masyarakat dalam kesehatan agar terhindar dari segala macam penyakit dan melatih pola hidup sehat.
3.     Islam juga sangat menganjurkan kehati-hatian dalam berpergian dan menjalankan pekerjaan, dengan selalu mengucapkan basmalah dan berdoa, agama selalu melarang berperilaku nekat dan ugal-ugalan, seperti bekerja tanpa alat pengamanatau ngebut di jalanraya yang dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain, Jelaskan pertanyaan tersebut!
Jawab : Islam sangat memperhatikan perilaku manusia selama masih bernyawa aga hidup rukun, damai dan tenang. Dan juga dalampola kebiasan yang dilakukan manusia agar tidak membahayakan diri sendiri dan orang lain.
Sebutkan sejarah islam yang mencatat beberapa nama yang bekerja dalam dunia keperawatan !  beberapa nama yang bekerja bersama Rufaidah seperti : Ummu Ammara, Aminah, Ummu Ayman, Safiyat, Ummu Sulaiman, dan Hindun. Beberapa wanita muslim yang terkenal sebagai perawat adalah : Ku'ayibat, Aminah binti Abi Qays Al Ghifari, Ummu Atiyah Al Ansariyat dan Nusaibat binti Ka'ab Al Maziniyat 6). Litelatur lain menyebutkan beberapa nama yang terkenal menjadi perawat saat masa Nabi Muhammad SAW saat perang dan damai adalah : Rufaidah binti Sa'ad Al Aslamiyyat, Aminah binti Qays al Ghifariyat, Ummu Atiyah Al Anasaiyat, Nusaibat binti Ka'ab Al Amziniyat, Zainab dari kaum Bani Awad yang ahli dalam penyakit dan bedah mata.
4.     Jelaskan tugas seorang perawat muslim, menurut H,Afif !
Jawab : menekankan pasien agar tidak berputus asa apalagi menyatakan kepada pasiennya tidak memiliki harapan hidup lagi. "Pernyataan tidak memiliki harapan hidup untuk seorang muslim tidak dapat dibenarkan. Meski secara medis tidak lagi bisa menanganinya, tapi kalau Allah bisa saja menyembuhkannya dengan mengabaikan hukum sebab akibat," katanya. Perawat juga memandu pasiennya untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT hingga kondisinya semakin saleh yang bisa mendatangkan "manjurnya" doa.
5.     Apa yang mempengaruhi konteks keperawatan di Negara-negara timur tengah? Jelaskan!  sejarah keperawatan dalam Islam, budaya dan kepercayaan di Arab, keyakinan akan kesehatan dari sudut pandang islam (Islamic health belief), dan nilai-nilai profesional yang diperoleh dari pendidikan keperawatan
6.     Jelaskan bagaimana pelayanan kesehatan yang baik dalam islam!  keperawatan sebagai profesi dapat terwujud bila para profesionalnya dalam lingkup karyanya senantiasa berpikir analitis, kritis dan logis terhadap fenomena yang dihadapinya, bertindak secara rasional-etis, serta bersikap tanggap atau peka terhadap kebutuhan klien sebagai pengguna jasanya
7.     Jelaskan aplikasi agama dalam pelayanan kesehatan !
Perubahan ini terjadi karena tuntutan dan perkembangan kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan secara umum, perkembangan IPTEK dan perkembangan profesi keperawatan sendiri.Keperawatan sebagai profesi harus didasari konsep keilmuan yang jelas, yang menuntun untuk berpikir kritis-logis-analitis, bertindak secara rasional–etis, serta kematangan untuk bersikap tanggap terhadap kebutuhan dan perkembangan kebutuhan masyarakat akan pelayanan keperawatan.
Bagaimana hokum berobat bagi orang sakit menurut islam? . Sebagian mengatakan bahwa berupaya mencari kesembuhan dari penyakit merupakan perintah agama yang hukumnya sunnah. Namun sebagian lainnya justru mengatakan sebaliknya, bagi mereka bersabar adalah lebih utama dan berobat tidak menjadi sunnah atau anjuran dalam agama. Namun pendapat yang menurut kami lebih kuat adalah yang menganjurkan atau menyunnahkan kita untuk mencari kesembuhan. Sebab hal itu merupakan hal yang dikerjakan oleh Rasulullah SAW.
8.     Jelaskan bentuk dan jenis pengobatan yang dianjurkan oleh islam!
A. Pengobatan nabawi, yang secara jelas teksnya disebutkan dalam Al-Qur’an maupun hadits, seperti pengobatan dengan madu, habah sauda’ (jinten hitam ) air zamzam, ruqiyah dengan membacakan alqur’an bagi orang yang kesurupan dan kemasukan jin dll.
B. Pengobatan secara medis, yang secara ilmiyah dapat dipertanggung-jawabakan
C. Pengoabatan secara tradisional, seperti dengan jamu (dengan bahan yang halal dan tidak merusak), refleksi, dan obat-obatan tradisional yang lainnya (dengan bahan yang halal dan tidak merusak).
D. Sedangkan pengobatan yang haram adalah pengobatan yang menyimpang dari Syariah, seperti menggunakan sihir, dukun, meminta bantuan jin. Pernyataan bahwa jin itu muslim, kita tidak dapat mempercayainya seratus persen. Karena jin banyak dustanya dan kita tidak mungkin bisa membuktikan bahwa dia jin itu muslim atau tidak, karena alamnya sudah berbeda. Dan selanjutnya bahwa Allah SWT. Mencela orang yang datang meminta tolong pada jin. (surat Jin : 6). Dan yang banyak terjadi pada pengobatan alternatif adalah secara prinsip mengunakan sihir atau bantuan jin, sedangkan obat-obatan tradisional, atau mungkin dengan disuruh baca al-qur’an dan do’a-do’a hanyalah kamuflase belaka. Maka hati-hatilah agar kita tidak terjerumus pada syirik dan dosa besar lainnya.
9.     Bagaimana pandangan islam terhadap pengobatan alternative ?
10.                                                                      Manusia sudah mengenal dunia pengobatan seumur dengan manusia itu sendiri. Dunia kedokteran barat hanyalah murid dari dunia kedokteran Islam pada masa kejayaannya. Sayangnya, kedokteran barat pada hari ini terlalu congkak untuk dapat menoleh kepada dunia pengobatan dari luar peradaban mereka sendiri.
Padahal di banyak negeri, pengobatan juga telah banyak mencapai puncaknya. Seperti negeri cina yang kaya dengan pengobatan dan beragam ilmu-ilmunya. Negeri kita pun memiliki banyak orang yang ahli dibidang pengobatan seperti pijat patah tulang dan lainnya. Seharusnya dunia kedokteran modern melakukan penelitian yang lebih luas lagi agar dapat memperkaya khazanah dunia pengobatan dan perawatan pada orang sakit.
Karena mereka kurang mau melihat fenomena yang ada di sekelilingnya, maka beragam jenis pengobatan selain dari dunia kedokteran barat sering dianggap tidak resmi, tidak ilmiyah, tidak bisa dipertanggung-jawabkan dan seterusnya. Padahal dari segi kenyataan, begitu banyak metode pengobatan yang telah berhasil mengatasi hal-hal yang tidak mampu dikerjakan oleh dokter barat itu. Pengobatan itu sering disebut dengan pengobatan alternatif.
11.                        Jelaskan syarat pengobatan alternative yang dibenarkan agama islam!
Diantara ciri-ciri pengobatan alternatif yang diharamkan adalah :
A.Bila terindikasi adanya persembahan kepada selain Allah
Misalnya bila harus ada ketentuan menyembelih nyawa hewan tertentu untuk dipersembahkan sebagai syarat tertentu. Padahal kita diharamkan untuk menyembelih hewan kecuali untuk jenis ibadah tertentu yang terbatas, seperti ibadah qurban, aqiqah, membayar dam haji.
B. Bila terindiksi menggunakan cara syirik misalnya pasien diminta melakukan tapa ditempat tidur
C.Bila terindikasi menggunakan cara-cara yang diharamkan
Misalnya pengobatan dengan meminta pasien meminum air kencingnya sendiri.
12.                        Jelaskan bagaimana pandangan islam tentang profesi keperawatan !
Islam menaruh perhatian yang besar sekali terhadap dunia kesehatan dan keperawatan guna menolong orang yang sakit dan meningkatkan kesehatan. Kesehatan merupakan modal utama untuk bekerja, beribadah dan melaksanakan aktivitas lainnya.
Anjuran Islam untuk hidup bersih juga menunjukkan obsesi Islam untuk mewujudkan kesehatan masyarakat, sebab kebersihan pangkal kesehatan, dan kebersihan dipandang sebagai bagian dari iman





















Terimkasih sudah berkunjung ke Blog Pengetahuan. Budayakan untuk berkomentar yang baik dan sesuai dengan materi postingan, komentar yang terlalu singkat kami anggap Spam dan tidak kami tanggapi
EmoticonEmoticon