1. Jelaskan
pengertian Agama :
a) Secara
umum : diartikan sebagai sistem orientasi dan obyek pengabdian dalam pengertian
semua orang adalah makhluk religius karena tak seorang pun dapat hidup tanpa
suatu sistem yang mengaturnya dan tetap dalam kondisi sehat.
b) Secara
khusus : agama adalah suatu realitas yang senantiasa melingkup manusia. Agama
muncul dalam kehidupan manusia dalam berbagai dimensi dan sejarahnya.
2. Jelaskan
fungsi agama menurut Prof. Drjalaludin :
a) Fungsi
edukatif (pendidikan) : ajaran agama secara yuridis (hukum) berfungsi
menyuruh/mengajak dan melarang yang harus dipatuhi agar pribadi penganutnya
menjadi baik dan benar dan terbiasa dengan yang baik dan yang benar menurut
ajaran agama masing – masing.
b) Fungsi
penyelamat : dimanapun manusia berada dia selalu menginginkan dirinya selamat.
Keselamatan yang diberikan oleh agama meliputi kehidupan dunia dan akhirat.
c) Fungsi
perdamaian : melalui tuntunan agama
seorang/sekelompok orang yang bersalah atau berdosa mencapai kedamaian batin
dana perdamaian dengan diri sendiri , sesama, semesta dan Allah. Tentu
dia/mereka harus bertaubat dan mengubah
cara hidup
d) Fungsi
kontrol sosial : ajaran agama membentuk penganutnya makin peka terhadap masalah
masalah sosial seperti kemaksiatan ,kemiskinan, keadilan, kesejahteraan dan
kemanusiaan. Kepekaan ini juga mendorong untuk tidak bisa berdiam diri
menyaksikan kebatilan yang merasuki sistem kehidupan yang ada.
e) Fungsi
pemupuk rasa solidaritas : bila fungsi ini dibangun secara serius dan tulus
maka persaudaraan yang kokoh akan berdiri tegak menjadi pilar “Civil Society”
(kehidupan masyarakat) yang memukau.
f) Fungsi
pembaharuan : ajaran agama dapat mengubah kehidupan pribadi seseorang atau
kelompok menjadi kehidupan baru. Dengan fungsi ini seharusnya agama terus
menerus menjadi agen perubahan basis basis nilai dan moral bagi kehidupan
bermasyarakat berbangsa dan bernegara.
g) Fungsi
kreatif : fungsi ini menopang dan mendorong fungsi pembaharuan untuk mengajak
umat beragama bekerja produktif dan inovatif bukan hanya bagi diri sendiri
tetapi juga bagi orang lain.
h) Fungsi
sublimatif : (bersifat perubahan emosi). Ajaran agama mensucikan segala usaha
manusia , bukan saja yang bersifat agamawi , melainkan juga bersifat duniawi.
Usaha manusia selama tidak bertentangan dengan norma norma agama , bila
dilakukan atas niat yang tulus karena untuk Allah itu adalah ibadah.
3. Menurut Prof.
Harunasution agama memilik 4 unsur yaitu :
a) Kekuatan
gaib : manusia merasa dirinya lemah dan berhajat pada kekuatan gaib itu sebagai
tempat minta tolong. Oleh karena itu manusia harus mengadakan hubungan baik
dengan kekuatan gaib tersebut. Hubungan baik itu dapat diwujudkan dengan
mematuhi perintah dan larangan kekuatan gaib itu.
b) Keyakinan
manusia : bahwa kesejahteraannya di dunia ini dan hidupnya di akhirat
tergantung pada adanya hubungan baik dengan kekuatan gaib yang dimaksud. Dengan
hilangnya hubungan baik itu kesejahteraan dan kebahagian yang dicari akan
hilang pula.
c) Respons
yang bersifat emosional dari manusia. Respon itu biasa mengambil bentuk
perasaan takut seperti yang terdapat dalam agama agama primitive atau perasaan
cinta seperti yang terdapat dalam agama
agama monoteisme. Selanjutnya respons mengambil bentuk penyembahan yang
terdapat dalam agama agama primitive atau pemujaan yang terdapat dalam agama
agama monoteisme. Lebih lanjut lagi respons itu juga mengambil bentuk cara
hidup tertentu bagi masyarakat yang bersangkutan.
d) Paham
adanya yang kudus (scared) dan suci dalam bentuk kekuatan gaib dalam bentuk
kitab yang mengandung ajaran ajaran agama yang bersangkutan dan dalam bentuk
tempat tempat tertentu.
4. Menurut Prof. Dr. Abudin Nata dalam bukunya
metodologi studi Islam ada 3 alasan perlunya
manusia terhadap agama :
a) Latar belakang
fitrah manusia : Dalam bukunya berjudul perspektif
manusia dan Agama, Murthada Muthahhari mengatakan, bahwa di saat
berbicara tentang para nabi, Imam Ali as. Menyebutkan bahwa mereka diutus untuk
mengingatkan manusia kepada perjanjian yang telah diikat oleh fitrah mereka, yang
kelak mereka akan dituntut untuk memenuhinya. Perjanjian itu tidak tercatat
diatas kertas, tidak pula diucapkan oleh lidah, melainkan terukir dengan pena
ciptaan Allah di permukaan kalbu dan lubuk fitrah manusia, dan diatas permukaan
hati nurani serta di kedalaman perasaan batiniah
b)
Kelemahan dan kekurangan manusia : Faktor yang lainnya yang
melatarbelakangi manusia memerlukan agama adalah karena di samping manusia
memiliki berbagai kesempurnaan juga memiliki kekurangan. Hal ini antara lain
diungkapkan oleh kata al-nafs menurut quraish shihab, bahwa
dalam pandangan Alquran, nafs diciptakan Allah dalam keadaan
sempurna yang berfungsi menampung serta mendorong manusia berbuat kebaikan dan
keburukan, dan Karena itu sisi dalam manusia inilah yang oleh Alquran
dianjurkan untuk diberi perhatian lebih besar.
c)
Tantangan
manusia faktor lain yang menyebabkan manusia memerlukan agama adalah karena
manusia dalam kehidupannya senantiasa menghadapi berbagai tantangan, baik yang
datang dari dalam maupun luar. Tantangan dari dalam dapat berupa dorongan hawa
nafsu dan bisikan setan (lihat QS 12:5 dn 17:53). Sedangkan tantangan dari luar
dapat berupa rekayasa dan upaya-upaya yang dilakukan manusia yang secara
sengaja berupaya ingin memalingkan manusia dari Tuhan. Mereka rela mengeluarkan
biaya, tenaga, dan pikiran yang dimanifestasikan dalam berbagai bentuk
kebudayaan yang didalamnya mengandung misi menjauhkan manusia dari Tuhan.
KELOMPOK 2
1.
Jelaskan
pengertian motivasi beragama !
Jawab : :
merupakan dorongan psikis yang
mempunyai landasan ilmiah dalam watak kejadian manusia. Dalam relung jiwanya
manusia merasakan adanya dorongan untuk mencari dan memikirkan sang penciptanya
dan pencipta alam semesta, dorongan untuk menyembahnya, meminta pertolongan
kepadanya setiap kali ia ditimpa malapetaka dan bencana.
2.
Secara
fitroh motivasi dalam diri manusia dapat dibagi 3 macam yaitu:
a)
Motivasi
spiritual
b)
Motivasi
fisiologis
c)
Motivasi
psikologis
Jelaskan tiga
motivasi tersebut dalam hubungannya dengan motivasi beragama !
Jawab :
a)
hal ini terdiri dari keinginan
manusia untuk terhindar dari sifat-sifat buruk yang mampu merusak keimanan :
Motivasi memelihara diri dari kemusyrikan, motivasi memelihara diri dari
kekufuran, motivasi memelihara diri dari kemunafikan.
b)
(yang bersifat jasmaniah) yang
terdiri dari : Motivasi pemeliharaan diri, motivasi kepada kelangsungan jenis
(berkeluarga dan berketurunan)
c)
yang terdiri dari : Motivasi
memiliki, Motivasi Agresif (dalam kajian sifat, kata-kata maupun fisik).
3.
Tujuan orang beragama paling
tidakada 4 halyaitu :
Jawab :
a)
Menegakan kepercayaan manusia hanya
kepada Allah,Tuhan Yang Maha Esa.
b)
Mengatur kehidupan manusia di
dunia,agar kehidupan teratur dengan baik, sehingga dapat mencapai
kesejahterahan hidup, lahir dan batin, dunia dan akhirat.
c)
Menjunjung tinggi dan melaksanakan
peribadatan hanya kepada Allah.
d)
Menyempurnakan akhlak manusia
4. Menurut
Komarudin Hidayat ada 5 jenis tipologi sikap beragama yaitu :
a) Eksklusivisme
b) Inklusivisme
c) Pluralisme / paralelrisme
d) Ektletivisme
e)
Universalisme
Jelaskan 5 tipologi diatas!
Jawab :
a.
merupakan
pandangan yang dominan dari zaman ke zaman, dan terus dianut hingga dewasa ini. Tuntutan kebenaran yang dipeluknya mempunyai ikatan
langsung dengan tuntutan eksklusivitas. Artinya,kalau suatu pernyataan
dinyatakan, maka pernyataan lain yang berlawanan tidak bisa benar.
b. Sikap inklusivisme berpandangan bahwa di luar agama
yang dipeluknya juga terdapat kebenaran, meskipun tidak seutuh atau sesempurna
agama yang dianutnya. Di sini masih didapatkan toleransi teologis dan iman.
Menurut Nurcholish Madjid, sikap inklusif adalah yang memandang bahwa
agama-agama lain adalah bentuk implisit agama kita.
c. Menurut Komarudin Hidayat, sikap pluralis melebih
moderat dari sikap inklusivisme, atau bahkan dari eksklusivisme. Ia
berpandangan bahwa secara teologis pluralitas agama dipandang sebagai
suatu realitas niscaya yang masing-masing berdiri sejajar (paralel).Di
lingkungan Islam, tafsir Islam pluralis merupakan pengembangan secara lebih
liberal dari Islam inklusif.
d. suatu sikap keberagamaan yang berusaha memilih dan
mempertemukan berbagai segi ajaran agama yang dipandang baik dan cocok untuk
dirinya sehingga format akhir dari sebuah agama menjadi semacam mosaik yang
bersipat eklektik.
e.
bahwa pada dasarnya semua agama
adalah satu dan sama. Hanya saja, karena factor historis-antropologis, agama
lalu tampil dalam format plural.
5. Jelaskan peranan agama pada realitas kehidupan manusia !
Jawab : : Agama mengambil peranan penting dalam keberadaan
suatu masyarakat atau komunitas. Karena suatu agama atau kepercayaan akan tetap
langgeng jika terus diamalkan oleh masyarakat secara kontiniu.Sehingga agama
atau kepercayaan mengambil peranan yang penting dan menempati fungsi-fungsi
yang ada dalam suatu masyarakat
SOAL KELOMPOK 3
1. Jelaskan
pengertian etika dalam agama islam !
Jawab : sebagai ilmu yang menyelidiki mana yang baik
dan mana yang buruk dengan memperhatikan amal perbuatan manusia sejauh yang
dapat diketahui oleh akal pikiran
Jawab :
Implementasi Toleransi Dalam Kehidupan
Sehari-hari
Ø
Konsep toleransi dalam islam
Toleransi mengarah kepada sikap terbuka dan mau mengakui adanya berbagai macam perbedaan, baik dari sisi suku bangsa, warna kulit, bahasa, adapt-istiadat, budaya, bahasa, serta agama. Ini semua merupakan fitrah dan sunnatullah yang sudah menjadi ketetapan Tuhan. Toleransi dalam beragama bukan berarti kita hari ini boleh bebas menganut agama tertentu dan esok hari kita menganut agama yang lain atau dengan bebasnya mengikuti ibadah dan ritualitas semua agama tanpa adanya peraturan yang mengikat. Akan tetapi, toleransi beragama harus dipahami sebagai bentuk pengakuan kita akan adanya agama-agama lain selain agama kita dengan segala bentuk system, dan tata cara peribadatannya dan memberikan kebebasan untuk menjalankan keyakinan agama masing-masing.
Ø
Hubungan
Antara Toleransi dengan Ukhuwah (persaudaraan) Sesama Muslim
Untuk
mengembangkan sikap toleransi secara umum, dapat kita mulai terlebih dahulu
dengan bagaimana kemampuan kita mengelola dan mensikapi perbedaan (pendapat)
yang (mungkin) terjadi pada keluarga kita atau pada keluarga/saudara kita
sesama muslim. Sikap toleransi dimulai dengan cara membangun kebersamaan atau
keharmonisan dan menyadari adanya perbedaan. Dan menyadari pula bahwa kita
semua adalah bersaudara. Maka akan timbul rasa kasih saying, saling pengertian
dan pada akhirnya akan bermuara pada sikap toleran. Dalam konteks pendapat dan
pengamalan agama, al-Qur’an secara tegas memerintahkan orang-orang mu’min untuk
kembali kepada Allah (al-Qur’an) dan Rasul (sunnah).
3. Jelaskan
pengertian toleransi beragama!
saling menghargai agama orang lain dan
tidak boleh memaksakan orang lain untuk menganut agama kita serta kita tidak
diperbolehkan untuk mengejek-ngejek ataupun mencela agama orang lain dengan
alasan apapun karena sejatinya kita adalah sama-sama manusia .
4. Bagaimana
makna toleransi beragama menurut majelis ulama Indonesia ?
saling menghormati dan berlapang dada
terhadap pemeluk agama lain, tidak memaksa mereka mengikuti agamanya dan tidak mencampuri
urusan agama masing-masing.
KELOMPOK 4
1. Jelaskan pengertian akhlak,
moral, dan etika !
Jawab :
a.
Etika adalah ilmu pengetahuan tentang asas-asas
akhlak (moral).
b.
Moral adalah penetuan baik buruk terhadap
perbuatan dan kelakuan.
c.
Akhlak merupakan
sikap yang melekat pada diri seseorang dan secara spontan diwujudkan dalam
tingkah laku dan perbuatan
2. Jelaskan ciri yang khusus dari
akhlak !
Jawab : meliputi segi-segi kejiwaan dari tingkah laku lahiriah
dan batiniah seseorang
3. Jelaskan perbedaan akhlak,
moral, dan etika !
Jawab :
a. Dalam etika untuk menentukan nilai perbuatan
manusia baik atau buruk menggunakan tolak ukur akal pikiran atau rasio.
b. Dalam moral menggunakan tolak ukur norma-norma
yang tumbuh dan berkembang dan berlangsung dalam masyarakat (adat istiadat).
c. Dalam akhlaq menggunakan ukuran Al Qur’an dan
Al Hadis untuk menentukan baik-buruknya.
4. Jelaskan tentang akhlak kepada
alloh !
Jawab :
a. Beribadah kepada Allah, yaitu melaksanakan
perintah Allah untuk menyembah-Nya sesuai dengan perintah-Nya. Seorang muslim
beribadah membuktikan ketundukkan terhadap perintah Allah.
b. Berzikir kepada Allah, yaitu mengingat Allah
dalam berbagai situasi dan kondisi, baik diucapkan dengan mulut maupun dalam
hati. Berzikir kepada Allah melahirkan ketenangan dan ketentraman hati.
c. Berdo’a kepada Allah, yaitu memohon apa saja
kepada Allah. Do’a merupakan inti ibadah, karena ia merupakan pengakuan akan
keterbatasan dan ketidakmampuan manusia, sekaligus pengakuan akan kemahakuasaan
Allah terhadap segala sesuatu. Kekuatan do’a dalam ajaran Islam sangat luar
biasa, karena ia mampu menembus kekuatan akal manusia. Oleh karena itu berusaha
dan berdo’a merupakan dua sisi tugas hidup manusia yang bersatu secara utuh
dalam aktifitas hidup setiap muslim.Orang yang tidak pernah berdo’a adalah
orang yang tidak menerima keterbatasan dirinya sebagai manusia karena itu
dipandang sebagai orang yang sombong, suatu perilaku yang tidak disukai Allah.
d. Tawakal kepada Allah, yaitu berserah diri
sepenuhnya kepada Allah dan menunggu hasil pekerjaan atau menanti akibat dari
suatu keadaan.
e. Tawaduk kepada Allah, yaitu rendah hati di
hadapan Allah. Mengakui bahwa dirinya rendah dan hina di hadapan Allah Yang
Maha Kuasa, oleh karena itu tidak layak kalau hidup dengan angkuh dan sombong,
tidak mau memaafkan orang lain, dan pamrih dalam melaksanakan ibadah kepada
Allah.
5. Jelaskan tentang akhlak kepada
manusia !
Jawab :
1.
Akhlak terpuji
Ø Sabar, yaitu prilaku seseorang terhadap
dirinya sendiri sebagai hasil dari pengendalian nafsu dan penerimaan terhadap
apa yang menimpanya
Ø Syukur, yaitu sikap berterima kasih atas
pemberian nikmat Allah yang tidak bisa terhitung banyaknya. Syukur diungkapkan
dalam bentuk ucapan dan perbuatan.
Ø Tawaduk, yaitu rendah hati, selalu menghargai
siapa saja yang dihadapinya, orang tua, muda, kaya atau miskin.
Ø Tasamu, yaitu sikap tenggang rasa, saling
menghormati dan saling menghargai sesama manusia
Ø Ta’awun, berarti tolong menolong, gotong
royong, bantu membantu dengan sesama manusia.
2. Akhlak tercela
v Hasad, yaitu iri hati, dengki
v Dendam, yaitu keinginan keras yang terkandung
dalam hati untuk membalas kejahatan
v Gibah
dan Fitnah, yaitu membicarakan kejelekan orang lain dengan tujuan untuk
menjatuhkan nama baiknya.
6. Jelaskan tentang akhlak kepada
lingkungan !
Jawab :
1. Yang dimaksud dengan lingkungan adalah segala
sesuatu yang disekitar manusia, baik binatang, tumbuh-tumbuhan maupun
benda-benda yang tidak bernyawa.Pada dasarnya akhlak yang diajarkan al-Qur'an terhadap
lingkungan bersumber dari fungsi manusia sebagai khalifah. Kekhalifahan
menuntut adanya interaksi antara manusia dengan sesamanya dan manusia terhadap
alam. Kekhalifahan mengandung arti pengayoman, pemeliharaan, serta bimbingan,
agar setiap makhluk mencapai tujuan penciptaanya.
2. Dalam pandangan Islam, seseorang tidak
dibenarkan mengambil buah sebelum matang, atau memetik bunga sebelum mekar,
karena hal ini berarti tidak memberi kesempatan kepada makhluk untuk mencapai
tujuan penciptaannya.Ini berarti manusia dituntut mampu menghormati proses yang
sedang berjalan, dan terhadap proses yang sedang terjadi. Yang demikian
mengantarkan manusia bertangung jawab, sehingga ia tidak melakukan perusakan
terhadap lingkungan harus dinilai sebagai perusakan pada diri manusia itu
sendiri.
3. Binatang, tumbuh-tumbuhan dan benda-benda tak
bernyawa semuanya di ciptakan oleh Allah SWT, dan menjadi milik-Nya, serta
kesemuanya memiliki ketergantungan kepada-Nya. Keyakinan ini mengantarkan
seorang muslim untuk menyadari bahwa semuanya adalah "umat" Tuhan
yang harus diperlakukan secara wajar dan baik.
7. Ada beberapa akhlak mulia yang
baik untuk diterapakan dalam tugas keperawatan antara lain :
a.
empati
: Sikap keterbukaan, kepeddulian seorang
perawat pada pasiennya.
b.Penampilan
yang menarik : Didepan
pasien kita harus berpenampilan yang rapi,tidak mungkin kan, kalaukita
berpenampilan di depan pasien berantakan, yang ada pasien malah tidak mau di
rawat oleh kita.
c.Kejujuran :Perawat harus
mengatakan apa adanya tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan keadaan
pasien.
d.
Keriangan : Perawat harus menunjukkan sikap
riang,bahagia.jangan tunjukkan sikap jutek di depan pasien, pasien pasti akan
takut melihat muka kita yang seperti itu.
e.
Berjiwasportif : Perawat harus menjalankan tugasnya
dengan benar, apabila mengalami kesalahan, perawat harus mengevaluasinya lagi
dan introspeksi diri.
f.
RendahhatidanMurahhati : Apabila perawat bertemu dengan
pasien,perawat harus menunjukkan sikap ramah dan bantu pasien apabila ada yang
memerlukan bantuan.
g.Dapatdipercaya : Perawat harus bisa menjaga privasi
pasien.jangan suka mengumbar kekurangan pasien sekalipun dengan teman sejawat.
h. loyalitas : Sesama perawat
harus bisa bekerja sama dan saling membantu.
i.
Pandaimenimbangperasaan : Perawat
dalam menyampaikan suatu pernyataannya terhadap pasien harus memiliki sikap ini supaya tidak
menambah beban pikiran pasien.
j. pandaibergaul : Salah satu
contohnya : perawat menyapa pasien apabila bertemu
k.
Keramahan,simpati,dankerjasama : Perawat harus bisa menunjukkan sikap ramah
dan simpatinya terhadap pasien, hal ini di harapkan supaya pasien merasa nyaman
dengan kita dan akhirnya si pasien mudah
di ajak kerja sama dengan kita.
l.
rasa humor : Selain itu, kita juga harus memiliki
rasa humor, setidaknya dengan memberikan sedikit humor kepada pasien mampu
mengurangi beban pikirannya.
m.
sopansantun : Sebagai seorang perawat, kita harus
menghormati yang lebih tua dari kita sekalipun itu pasien.tidak hanya dengan
yang lebih tua dengan teman sejawat atau yang umurnya di bawah kitapun,kita
juga harus tunjukkan sikap ini.
Jelaskan 13
akhlakmuliatersebut !
KELOMPOK 5
1.jelaskan
pengertian sains !
Jawab : ilmu pengetahuan yang dibentuk secara
kreatif dan sistematis melalui proses observasi yang berlangsung secara terus
menerus dan menghasilkan kebenaran objektif, sudah diuji kebenarannya, dan
dapat diuji ulang secara ilmiah.
2. jelaskan pengertian teknologi ! Teknologi merupakan
salah satu budaya dari hasil penerapan praktis ilmu pengetahuan.
3. jelaskan pandangan islam terhadap sains dan teknologi ! Sains dan teknologi merupakan dasar dan pondasi yang
menjadi penyangga bangunan peradaban modern barat sekarang ini. Masa depan
suatu bangsa akan banyak ditentukan oleh tingkat penguasaan bangsa itu terhadap
sains dan teknologi. Suatu masyarakat atau bangsa tidak akan memiliki
keunggulan dan kemampuan daya sains yang tinggi, bila ia tidak mengambil dan
mengembangkan sains dan teknologi. Bisa dimengerti bila setiap bangsa dimuka bumi
ini berlomba-lomba serta bersaing secara ketat dalam penguasaan dan
pengembangan sains dan teknologi, dan diakui bahwa sains dan teknologi disatu
sisi, telah memberikan berkah dan anugrah yang luar biasa bagi kehidupan umat
manusia. Namun disisi lain sains dan teknologi telah mendatangkan petaka yang
pada gilirannya mengancam nilai-nilai kemanusiaan. Kemajuan dalam bidang sains
dan teknologi telah menimbulkan perubahan sangat cepat dalam kehidupan umat
manusia.
4. jelaskan pengaruh sains dan teknologi dalam agama islam !
a.
Pertama
:ada yang memandang agama sebagai factor yang terpenting bagi kohesi dan
solidaritas masyarakat. Disini agama dilihat sebagai factor yang essensial dari
identitas dan integrasi masyarakat.
b. Kedua:ada yang melihat agama
sebagagai factor perubahan social, atau dengan kata lain memandang agama
mempunyai pengaruh yang besar dalam perubahan social.
c. Ketiga: sekarang timbul juga
pandangan terhadap agama sebagai fungsi social.agama disini mempunyai fungsi
sebagai system interpretasi yang mencerminkan pemahaman diri masyarakat yang
mencerminkan pemahan diri dari masyarakat dan kedudukannya serta tugasnya
didalam alam semesta
5. agama islam tidak menghambat perkembangan teknologi, jelaskan
pernyataan tersebut !
a. Al-qur’an selalu memerintahkan
manusia medayagunakan akalnya semaksimal mungkin dan menyebutkan akal sebagai
anugrah besar yang tidak patut di sia-siakan.
b. Al-Qur’an membuat pernyataan dalam
beberapa bagian ayat-ayatnya bahwa bumi dan seluruh bagian langit
ditundukkan (oleh allah) kepada/untuk kepentingan manusia(Al-Jatsiah : 13)
malam dan siang dapat diatur sesuai dengan kepentingan manusia, artinya malam
yang gelap dapat diubah menjadi terang seperti siang dan sebaliknya siang dapat
diubah menjadi gelap, matahari dan bulan dapat dimanfaatkan sumberdayanya
(An-Nahl:12). Sungai-sungai dapat dikendalikan dan dimanfaatkan potensinya
(Ibrahim : 32), lautan dengan segala kekayaannya, dari bahan makanan (ikan)
sampai bahan perhiasan (mutiara) akan dapat diekspoloitasi manusia (An-Nahl : 14).
c. Narasi Al-Qur’an berulangkali
menyebut kemajuan budaya manusia dengan kemampuan teknologinya. Gunung-gunung
dapat dikendalikan, burung-burung dapat dijinakkan,besi-besi dapat dilunakkan
(diproduksi dalam berbagai macam bentuk), cairan baja merupakan bahan yang
sangat potensial dalam membuat bendungan raksasa.
d. Disamping itu, Al-Qur’an juga
mengingatkan, bahwa manusia mempunyai kecenderungan untuk menyalahgunakan
kemapuan-kemampuan, menyimpangkan dari tujuan teknologi yang dikuasainya,
memiliki keserakahan eksploitatif dalam mengejar kekayaan alam sehingga merusak
ekosistem dan mencemari kesehatan dan kelestarian lingkungan. Al-Quran melarang
sikap yang menghancurkan diri seperti yang demikian itu,
6. bagaimana konsep ilmu pengetahuan dan teknologi dalam islam ? Peradaban manusia mengalami puncak kejayaan di bidang ilmu pengetahuan
dan teknologi(IPTEK). Iptek menjadi dasar dan pondasi yang menyangga bangunan
peradaban modern. Hal ini berarti masa depan suatu bangsa akan banyak di
tentukan oleh tingkat penguasaannya terhadap Iptek
7. menurut agama islam, bahwa dalam
pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi harus menyatukan tiga pilar yaitu
iman, ilmu, dan amal, jelaskan pernyataan tersebut !
a. Iman diidentikan dengan akar dari sebuah pohon yang menopang tegaknya
ajaran islam.
b. Ilmu bagaikan batang pohon yang mengeluarkan dahan-dahan
cabang-cabang ilmu pengetahuan.
c.
Sedangkan amal ibarat buah
dari pohon itu identik dengan teknologi dan seni. Iptek yang dikembangkan
diatas nilai-nilai iman dan ilmu akan menghasilkan amal shalih,bukan kerusakan
alam.
8.
jelaskan
apa yang dimaksud dengan sekularisasi antara agama dan ilmu pengetahuan !
Istilah Sekularisasi berakar dari
kata sekuler yang berasal dari bahasa latin Seaculum artinya
abad (age, century ), yang mengandung arti bersifat dunia, atau
berkenaan dengan kehidupan dunia sekarang. Dalam bahasa Inggris kata secular berarti
hal yang bersifat duniawi, fana, temporal, tidak bersifat spiritual, abadi dan
sakral serta kehidupan di luar agama.
Sekularisasi berasal dari dunia
Barat Kristiani, yang muncul dengan diserukan oleh para pemikir bebas agar
mereka terlepas dari ikatan gereja, para pemuka agama dan pendetanya. Para ahli
pikir pada saat itu tidak memiliki kebebasan berpikir. Apabila terdapat
pemikiran-pemikiran yang bertentangan dengan ajaran gereja, orang yang
mengemukakan akan mendapat hukuman berat. Pihak geraja melarang
diadakannya penyelidikan-penyelidikan berdasarkan rasio terhadap agama. Karena
itu, kajian terhadap agama/teologi yang tidak berdasarkan ketentuan gereja akan
mendapatkan larangan yang ketat, yang berhak mengadakan penyelidikan terhadap
agama hanyalah pihak gereja
Filsafat abad pertengahan ini lazim disebut Filsafat
Scholastik, diambil dari kata Schuler yang berarti ajaran atau
sekolahan kemudian kata scholastik menjadi istilah bagi filsafat pada abad ke-9
sampai dengan abad ke-15 yang mempuyai corak khusus yaitu filsafat yang
dipengaruhi agama.
Pada akhir abad pertengahan sebelum masuknya abad
modern munculah gerakan yang dalam sejarah filsafat
disebut Renaissance. Kata renaissance berarti kelahiran
kembali. Secara historisRenaissance adalah suatu gerakan yang
meliputi zaman di mana orang merasa dirinya telah dilahirkan kembali. Di dalam
kelahiran kembali itu orang kembali kepada sumber-sumber yang murni bagi
pengetahuan.
Jadi dapat disimpulkan bahwa
Secara ontologi sekularisasi ilmu pengetahuan memiliki arti suatu proses
pelepasan / pembebasan ilmu dari setiap pengaruh agama sebagai landasan
berpikir. Sekularisasi lahir dari pemberontakan ahli pikir terhadap
tindakan gereja yang sangat membelenggu kehidupan manusia, sehingga
manusia tidak lagi memiliki kebebasan untuk mengembangkan potensi yang terdapat
dalam dirinya.
9. jelaskan tujuan islamisasi
dalam menyikapi ilmu pengetahuan yang baru masuk !
a. Penguasaan disiplin ilmu modern.
b. Penguasaan warisan Islam.
c. Penentuan relevansi khusus Islam
bagi setiap bidang pengetahuan modern.
d. Pencarian cara-cara untuk
menciptakan perpaduan kreatif antara warisan Islam dan pengetahuan modern (melalui
survey masalah umat Islam dan umat manusia seluruhnya).
e. Pengarahan pemikiran Islam ke jalan
yang menuntunnya menuju pemenuhan pola Ilahiyah dari Allah.
f. Realisasi praktis islamisasi
pengetahuan melalui: penulisan kembali disiplin ilmu modern ke dalam kerangka
Islam dan menyebarkan pengetahuan Islam.
g. Kepentingan aqidah, bahwa aqidah
Islam adalah dasar ilmu pengetahuan, pengkajian dan aplikasi keilmuan.
h. Kepentingan kemanusiaan, bahwa
aktivitas keilmuan yang didasarkan dan dikontrol iman akan mewujudkan manusia
seutuhnya sesuai dengan hakikat penciptaannya.
i. Kepentingan peradaban, bahwa
kehidupan dengan sistem Islam, dan segala aktivitasnya yang berjalan dalam
koridor aturan Allah SWT secara konsisten akan membawa manusia pada peradaban
yang agung.
j. Kepentingan ilmiah, bahwa segala
aktivitas keilmuan selalu dapat dipertanggungjawabkan secara horisontal (dan
tentu saja secara transendental ke hadirat Allah SWT).
10. Ada 10 konsep Islam yang diharapkan dapat dipakai dalam
meneliti sains modern dalam rangka membentuk cita-cita Muslim, sebutkan !
1. Tauhid : meyakini hanya ada 1 Tuhan,
dan kebenaran itu dari-Nya.
2. Khalifah : kami berada di bumi
sebagai wakil Allah — segalanya sesuai keinginan-Nya.
3. Ibadah (pemujaan) : keseluruhan
hidup manusia harus selaras dengan ridha Allah, tidak serupa kaum Syu’aib yang
memelopori akar sekularisme: “Apa hubungan sholat dan berat timbangan (dalam
dagang)”.
Sarana:
4. Islam : tidak menghentikan pencarian
ilmu untuk hal-hal yang bersifat material, tapi juga metafisme, semisal diuraikan
Yusuf Qardhawi dalam “Sunnah dan Ilmu Pengetahuan”.
Penuntun:
5. Halal (diizinkan).
6. Adil (keadilan) : semua sains bisa
berpijak pada nilai ini: janganlah kebencian kamu terhadap suatu kaum
membuat-mu berlaku tidak adil. (Q.S. Al-Maidah 5 : 8). Keadilan yang menebarkan
rahmatan lil alamin, termasuk kepada hewan, misalnya: menajamkan pisau
sembelihan.
7. Istishlah (kepentingan umum).
Pembatas
:
8. Haram (dilarang).
9. Zhulm (melampaui batas).
Dziya’ (pemborosan) : “Janganlah
boros
10.
Peran
Islam dalam perkembangan iptek pada dasarnya ada 2 hal, yaitu pertama
menjadikan Aqidah Islam sebagai paradigma ilmu pengetahuan, Kedua menjadikan
Syariah Islam (yang lahir dari Aqidah Islam) sebagai standar bagi pemanfaatan
iptek dalam kehidupan sehari-hari. jelaskan 2 hal tersebut !
11.
Menjadikan
Aqidah Islam sebagai paradigma ilmu pengetahuan. Paradigma inilah yang
seharusnya dimiliki umat Islam, bukan paradigma sekuler seperti yang ada
sekarang. Paradigma Islam ini menyatakan bahwa Aqidah Islam wajib dijadikan
landasan pemikiran (qa’idah fikriyah) bagi seluruh bangunan ilmu pengetahuan.
Ini bukan berarti menjadi Aqidah Islam sebagai sumber segala macam ilmu
pengetahuan, melainkan menjadi standar bagi segala ilmu pengetahuan. Maka ilmu
pengetahuan yang sesuai dengan Aqidah Islam dapat diterima dan diamalkan,
sedang yang bertentangan dengannya, wajib ditolak dan tidak boleh diamalkan.
12.
menjadikan
Syariah Islam (yang lahir dari Aqidah Islam) sebagai standar bagi pemanfaatan
iptek dalam kehidupan sehari-hari. Standar atau kriteria inilah yang seharusnya
yang digunakan umat Islam, bukan standar manfaat (pragmatisme/utilitarianisme)
seperti yang ada sekarang. Standar syariah ini mengatur, bahwa boleh tidaknya
pemanfaatan iptek, didasarkan pada ketentuan halal-haram (hukum-hukum syariah
Islam). Umat Islam boleh memanfaatkan iptek, jika telah dihalalkan oleh Syariah
Islam. Sebaliknya jika suatu aspek iptek telah diharamkan oleh Syariah, maka
tidak boleh umat Islam memanfaatkannya, walau pun ia menghasilkan manfaat
sesaat untuk memenuhi kebutuhan manusia.
13.
Perkembangan
ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) di satu sisi berdampak positif, namun di
sisi lain juga berdampak negatif. Jelaskan pernyataan tersebut !
a.
Perkembangan
ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek) di satu sisi memang berdampak positif,
yakni dapat memperbaiki kualitas hidup manusia. Berbagai sarana modern
industri, komunikasi, dan transportasi
b.
berdampak
negatif karena merugikan dan membahayakan kehidupan dan martabat manusia.
KELOMPOK 6
1. Jelaskan peran keperawatan
dalam islam! ajaran Islam sangat melarang pola hidup yang mengabaikan
kebersihan, seperti buang kotoran dan sampah sembarangan, membuang sampah dan
limbah di sungai/sumur yang airnya tidak mengalir dan sejenisnya. Islam sangat
menekankan kesucian (al-thaharah), yaitu kebersihan atau kesucian lahir dan
batin
2. Islam sangat menekankan
kesucian (al-thaharaf), yaitu kebersihan atau kesucian lahir dan batin dengan
hidup bersih, maka kesehatan akan semakin terjaga, sebab selain bersumber dari
perut sendiri, penyakit sering kali berasal dari lingkungan yang kotor.
Jelaskan statement berikut!
Jawab : Islam juga berperan
mendidik dan merupah pola perilaku masyarakat dalam kesehatan agar terhindar
dari segala macam penyakit dan melatih pola hidup sehat.
3. Islam juga sangat menganjurkan
kehati-hatian dalam berpergian dan menjalankan pekerjaan, dengan selalu
mengucapkan basmalah dan berdoa, agama selalu melarang berperilaku nekat dan
ugal-ugalan, seperti bekerja tanpa alat pengamanatau ngebut di jalanraya yang
dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain, Jelaskan pertanyaan tersebut!
Jawab : Islam sangat
memperhatikan perilaku manusia selama masih bernyawa aga hidup rukun, damai dan
tenang. Dan juga dalampola kebiasan yang dilakukan manusia agar tidak membahayakan
diri sendiri dan orang lain.
Sebutkan sejarah islam yang mencatat beberapa nama
yang bekerja dalam dunia keperawatan ! beberapa nama yang bekerja bersama Rufaidah seperti : Ummu
Ammara, Aminah, Ummu Ayman, Safiyat, Ummu Sulaiman, dan Hindun. Beberapa wanita
muslim yang terkenal sebagai perawat adalah : Ku'ayibat, Aminah binti Abi Qays
Al Ghifari, Ummu Atiyah Al Ansariyat dan Nusaibat binti Ka'ab Al Maziniyat 6).
Litelatur lain menyebutkan beberapa nama yang terkenal menjadi perawat saat
masa Nabi Muhammad SAW saat perang dan damai adalah : Rufaidah binti Sa'ad Al
Aslamiyyat, Aminah binti Qays al Ghifariyat, Ummu Atiyah Al Anasaiyat, Nusaibat
binti Ka'ab Al Amziniyat, Zainab dari kaum Bani Awad yang ahli dalam penyakit
dan bedah mata.
4. Jelaskan tugas seorang perawat
muslim, menurut H,Afif !
Jawab : menekankan
pasien agar tidak berputus asa apalagi menyatakan kepada pasiennya tidak
memiliki harapan hidup lagi. "Pernyataan tidak memiliki harapan hidup
untuk seorang muslim tidak dapat dibenarkan. Meski secara medis tidak lagi bisa
menanganinya, tapi kalau Allah bisa saja menyembuhkannya dengan mengabaikan
hukum sebab akibat," katanya. Perawat juga memandu pasiennya untuk
mendekatkan diri kepada Allah SWT hingga kondisinya semakin saleh yang bisa
mendatangkan "manjurnya" doa.
5. Apa yang mempengaruhi konteks
keperawatan di Negara-negara timur tengah? Jelaskan! sejarah
keperawatan dalam Islam, budaya dan kepercayaan di Arab, keyakinan akan
kesehatan dari sudut pandang islam (Islamic health belief), dan nilai-nilai
profesional yang diperoleh dari pendidikan keperawatan
6. Jelaskan bagaimana pelayanan
kesehatan yang baik dalam islam! keperawatan sebagai profesi dapat terwujud bila para
profesionalnya dalam lingkup karyanya senantiasa berpikir analitis, kritis dan
logis terhadap fenomena yang dihadapinya, bertindak secara rasional-etis, serta
bersikap tanggap atau peka terhadap kebutuhan klien sebagai pengguna jasanya
7. Jelaskan aplikasi agama dalam
pelayanan kesehatan !
Perubahan
ini terjadi karena tuntutan dan perkembangan kebutuhan masyarakat akan
pelayanan kesehatan secara umum, perkembangan IPTEK dan perkembangan profesi
keperawatan sendiri.Keperawatan sebagai profesi harus didasari konsep keilmuan
yang jelas, yang menuntun untuk berpikir kritis-logis-analitis, bertindak
secara rasional–etis, serta kematangan untuk bersikap tanggap terhadap
kebutuhan dan perkembangan kebutuhan masyarakat akan pelayanan keperawatan.
Bagaimana hokum berobat bagi orang sakit menurut
islam? . Sebagian mengatakan bahwa berupaya
mencari kesembuhan dari penyakit merupakan perintah agama yang hukumnya sunnah.
Namun sebagian lainnya justru mengatakan sebaliknya, bagi mereka bersabar
adalah lebih utama dan berobat tidak menjadi sunnah atau anjuran dalam agama. Namun
pendapat yang menurut kami lebih kuat adalah yang menganjurkan atau menyunnahkan
kita untuk mencari kesembuhan. Sebab hal itu merupakan hal yang dikerjakan oleh
Rasulullah SAW.
8. Jelaskan bentuk dan jenis
pengobatan yang dianjurkan oleh islam!
A.
Pengobatan nabawi, yang secara jelas teksnya disebutkan dalam Al-Qur’an maupun
hadits, seperti pengobatan dengan madu, habah sauda’ (jinten hitam ) air
zamzam, ruqiyah dengan membacakan alqur’an bagi orang yang kesurupan dan
kemasukan jin dll.
B.
Pengobatan secara medis, yang secara ilmiyah dapat dipertanggung-jawabakan
C.
Pengoabatan secara tradisional, seperti dengan jamu (dengan bahan yang halal
dan tidak merusak), refleksi, dan obat-obatan tradisional yang lainnya (dengan
bahan yang halal dan tidak merusak).
D.
Sedangkan pengobatan yang haram adalah pengobatan yang menyimpang dari Syariah,
seperti menggunakan sihir, dukun, meminta bantuan jin. Pernyataan bahwa jin itu
muslim, kita tidak dapat mempercayainya seratus persen. Karena jin banyak
dustanya dan kita tidak mungkin bisa membuktikan bahwa dia jin itu muslim atau
tidak, karena alamnya sudah berbeda. Dan selanjutnya bahwa Allah SWT. Mencela
orang yang datang meminta tolong pada jin. (surat Jin : 6). Dan yang banyak
terjadi pada pengobatan alternatif adalah secara prinsip mengunakan sihir atau
bantuan jin, sedangkan obat-obatan tradisional, atau mungkin dengan disuruh
baca al-qur’an dan do’a-do’a hanyalah kamuflase belaka. Maka hati-hatilah agar
kita tidak terjerumus pada syirik dan dosa besar lainnya.
9. Bagaimana pandangan islam
terhadap pengobatan alternative ?
10.
Manusia sudah mengenal dunia
pengobatan seumur dengan manusia itu sendiri. Dunia kedokteran barat hanyalah
murid dari dunia kedokteran Islam pada masa kejayaannya. Sayangnya, kedokteran
barat pada hari ini terlalu congkak untuk dapat menoleh kepada dunia pengobatan
dari luar peradaban mereka sendiri.
Padahal di banyak negeri, pengobatan juga telah banyak mencapai puncaknya. Seperti negeri cina yang kaya dengan pengobatan dan beragam ilmu-ilmunya. Negeri kita pun memiliki banyak orang yang ahli dibidang pengobatan seperti pijat patah tulang dan lainnya. Seharusnya dunia kedokteran modern melakukan penelitian yang lebih luas lagi agar dapat memperkaya khazanah dunia pengobatan dan perawatan pada orang sakit.
Karena mereka kurang mau melihat fenomena yang ada di sekelilingnya, maka beragam jenis pengobatan selain dari dunia kedokteran barat sering dianggap tidak resmi, tidak ilmiyah, tidak bisa dipertanggung-jawabkan dan seterusnya. Padahal dari segi kenyataan, begitu banyak metode pengobatan yang telah berhasil mengatasi hal-hal yang tidak mampu dikerjakan oleh dokter barat itu. Pengobatan itu sering disebut dengan pengobatan alternatif.
Padahal di banyak negeri, pengobatan juga telah banyak mencapai puncaknya. Seperti negeri cina yang kaya dengan pengobatan dan beragam ilmu-ilmunya. Negeri kita pun memiliki banyak orang yang ahli dibidang pengobatan seperti pijat patah tulang dan lainnya. Seharusnya dunia kedokteran modern melakukan penelitian yang lebih luas lagi agar dapat memperkaya khazanah dunia pengobatan dan perawatan pada orang sakit.
Karena mereka kurang mau melihat fenomena yang ada di sekelilingnya, maka beragam jenis pengobatan selain dari dunia kedokteran barat sering dianggap tidak resmi, tidak ilmiyah, tidak bisa dipertanggung-jawabkan dan seterusnya. Padahal dari segi kenyataan, begitu banyak metode pengobatan yang telah berhasil mengatasi hal-hal yang tidak mampu dikerjakan oleh dokter barat itu. Pengobatan itu sering disebut dengan pengobatan alternatif.
11.
Jelaskan syarat pengobatan alternative yang dibenarkan agama islam!
Diantara
ciri-ciri pengobatan alternatif yang diharamkan adalah :
A.Bila terindikasi adanya persembahan kepada selain Allah
Misalnya bila harus ada ketentuan menyembelih nyawa hewan tertentu untuk dipersembahkan sebagai syarat tertentu. Padahal kita diharamkan untuk menyembelih hewan kecuali untuk jenis ibadah tertentu yang terbatas, seperti ibadah qurban, aqiqah, membayar dam haji.
A.Bila terindikasi adanya persembahan kepada selain Allah
Misalnya bila harus ada ketentuan menyembelih nyawa hewan tertentu untuk dipersembahkan sebagai syarat tertentu. Padahal kita diharamkan untuk menyembelih hewan kecuali untuk jenis ibadah tertentu yang terbatas, seperti ibadah qurban, aqiqah, membayar dam haji.
B. Bila terindiksi menggunakan cara syirik misalnya
pasien diminta melakukan tapa ditempat tidur
C.Bila terindikasi menggunakan cara-cara yang diharamkan
Misalnya pengobatan dengan meminta pasien meminum air kencingnya sendiri.
C.Bila terindikasi menggunakan cara-cara yang diharamkan
Misalnya pengobatan dengan meminta pasien meminum air kencingnya sendiri.
12.
Jelaskan bagaimana pandangan islam tentang profesi keperawatan !
Islam
menaruh perhatian yang besar sekali terhadap dunia kesehatan dan keperawatan
guna menolong orang yang sakit dan meningkatkan kesehatan. Kesehatan merupakan
modal utama untuk bekerja, beribadah dan melaksanakan aktivitas lainnya.
Anjuran Islam untuk hidup bersih juga menunjukkan obsesi
Islam untuk mewujudkan kesehatan masyarakat, sebab kebersihan pangkal
kesehatan, dan kebersihan dipandang sebagai bagian dari iman
Terimkasih sudah berkunjung ke Blog Pengetahuan. Budayakan untuk berkomentar yang baik dan sesuai dengan materi postingan, komentar yang terlalu singkat kami anggap Spam dan tidak kami tanggapi
EmoticonEmoticon