Printer Dot Matrix Tidak Bisa Print Setelah Windows Update

Kejadian ini mungkin tidak akan pernah kita duga, namun nyatanya memang ada bahwasannya update resmi dari microsoft membawa bugs yang menyebabkan semua jenis printer epson dotmatrix tidak berfungsi.

Awalnya saya menduga terjadi kesalahan driver printer yang rusak atau juga printernya bermasalah, namun hal tersebut tidak terjadi pada 1 komputer saja melainkan pada semua komputer yang ada di dalam 1 jaringan kantor saya.

Itu artinya printer epson lq 2190 yang kami gunakan tidak ada masalah, lidik punya selidik dan ternyata masalahnya ada di software windows itu sendiri yang disebabkan oleh windows update yang baru-baru ini digulirkan.

Berikut ini pernyataan windows terkait bugs pada printer dot matrix :

After installing this update, some Epson SIDM (Dot Matrix) and TM (POS) printers cannot print on x86 and x64-based systems.

Artinya : Setelah melakukan install update ini, beberapa jenis printer epson Dot Matrix tidak bisa melakukan printing, baik itu pada sistem 32 bit ataupun pada sistem 64 bit.

bug tersebut ada didalam file update :

Jika komputer kamu tidak menjalankan auto update mungkin masalah ini tidak akan terjadi, tapi untuk yang menjalankan windows update pasti mendapati masalah ini.

Hingga saat ini tanggal 21 nov 2017 microsoft belum juga mengeluarkan perbaikan bugs dan juga epson sendiri belum mengeluarkan update perbaikan.

Daripada menunggu lama dan sementara user atau pengguna printer sudah tidak sabar untuk print, ada baiknya kita abaikan atau uninstall saja update tersebut dengan cara :

Printer Dot Matrix Tidak Bisa Print Setelah Windows Update, Error Print Epson Dot Matrix


Berikut Ini Cara Memperbaiki Dengan Cara Uninstall Windows Update


Cara-cara dibawah ini tidak semua dijalankan, cukup pilih salah satu cara dibawah ini saja. (cara ini bersifat sementara sambil menunggu perbaikan bugs dari microsoft)

A. Uninstall Windows Update Lewat Control Panel


Saya contohkan uninstall windows update pada windows 7, jadi jika kamu menggunakan windows 10 cara nya sedikit berbeda, tapi akan coba saya jabarkan dibawah ini dengan 2 cara :

1. Cara Uninstall windows update di Windows 7

  • Masuk Ke Control Panel => All Control Panel Items => Programs and Features => Installed Updates
  • Cari "Security Update for Microsoft Windows (KB4048957)"
  • Klik Uninstall, tunggu hingga proses uninstall selesai
  • Restart Now.

Uninstall Windows Update Lewat Control Panel

Untuk kamu yang menggunakan komputer dengan OS windows 7, tahap ini sudah pasti menyelesaikan masalah printer epson yang tidak mau ngeprint.

2. Cara Unsinstall Windows Update di Windows 10

  • Buka Setting => Update & Security => Update history => Uninstall update
  • Cari "Security Update for Microsoft Windows (KB4048952, KB4048953, KB4048954, KB4048955)"
  • Klik Uninstall, tunggu hingga proses uninstall selesai
  • Restart Now

Pada saat saya cek di komputer windows 10 saya hanya menemukan update KB4048954 lalu saya uninstall dan ternyata bisa (jadi tidak semua KB4048952 - 55 ada pada windows 10).

Jangan lupa untuk melakukan test print untuk memastikan bahwa cara ini sangat ampuh.




B. Uninstall Windows Update lewat Command prompt


Pastikan membuka command prompt sebagai administrator agar berjalan dengan baik dengan cara :
  • Tekan Pada Keyboard (Logo Windows + R) => Ketik cmd => Run As Administrator
  • Masukkan Perintah dibawah ini :

wusa /uninstall /kb:******* /quiet /warnrestart

Yang saya beri tanda ****** silahkan diganti dengan KB:(4048952 or other)update windows sesuai dengan windows kamu.

Uninstall Windows Update lewat command prompt


Jika diminta restart, maka segeralah restart saja dan segera dicoba untuk print ke printer epson dot matrix, jika bisa print maka cara ini sudah berhasil.

Cara diatas sebenarnya dapat dipastikan sudah bisa mengatasi masalah print dot matrix yang tidak bisa print, tapi apabila belum juga mengatasi masalah kamu sebaiknya lakukan restore point ke tanggal dimana komputer masih bisa ngeprint.

Mudah-mudahan cara memperbaiki printer dot matrix tidak bisa print setelah windows update diatas bisa mengatasi masalah komputer tidak bisa print ke printer dot matrix.

Tips :

Untuk sementara matikan auto update windows sampai ada informasi perbaikan bugs ini dari microsoft.

Semoga bermanfaat.

Terimkasih sudah berkunjung ke Blog Pengetahuan. Budayakan untuk berkomentar yang baik dan sesuai dengan materi postingan, komentar yang terlalu singkat kami anggap Spam dan tidak kami tanggapi
EmoticonEmoticon