e-Faktur Error Etax-60011 Gagal Menyimpan SSP Ini Solusinya

e-Faktur Error Etax-60011 Gagal Menyimpan SSP - Belum lama ini aplikasi e-faktur ada pembaharuan versi yang tadinya versi 1.0 dan sekarang sudah ditingkatkan ke versi 2.0 dimana ada beberapa penambahan menu yang tidak ada di versi sebelumnya.

Buat kamu yang belum mengupdate aplikasi e-faktur ke versi 2.0 silahkan di update terlebih dahulu, jika ada kesulitan update silahkan ikuti panduan cara update aplikasi e-faktur ke 2.0

Namun belakangan ini timbul masalah-masalah baru pada aplikasi e-faktur 2.0 yang mungkin untuk beberapa wajib pajak agak kesulitan untuk mengatasi masalah tersebut diataranya tidak bisa upload faktur pajak dan ada juga yang ketika proses update meminta registrasi terus.

Terlepas dari beberapa masalah diatas, kali ini saya ingin memberikan solusi terkait masalah e-faktur yaitu error etax-60011 yang artinya gagal menyimpan SSP. Hal ini terjadi pada saat penginputan SSP di aplikasi e-faktur formulir 1111 bagian II. G.

Mengapa bisa gagal simpan SSP ?

Karena ada data yang salah, makanya timbul error etaxservice-50001 : SSP tidak valid.

Kenapa tidak Valid ?

Karena :

1. Tanggal SSP tidak sesuai dengan tanggal transaksi
2. Salah Input Nomor NTPN (nol dibaca O atau sebaliknya)

Khusus pada kesalahan input NTPN ini terjadi karena tidak jelasnya antara 0 (nol) dengan O (huruf O) pada lembar printout yang didapat dari bank dimana kita membayar, sehingga nomor SSP jadi tidak Valid. Ditambah hasil cetakan yang rada gimana gitu (kurang jelas).
Error Etax-60011 gagal menyimpan SSP dan etaxservice-50001
Error Etax-60011 dan Etaxservice-50001

Solusi Mengatasi Error ETAX-60011 dan ETAXSERVICE-50001

Buat kamu yang lagi kedapatan masalah error etax 60011 yang artinya gagal simpan SSP dan etaxservice 50001 yang artinya SSP tidak valid. Berikut ini beberapa solusi yang bisa saya berikan agar kedepannya untuk masalah ini tidak terulang kembali atau bisa mengatasinya sendiri :
  • Wajib hukumnya mengkoneksikan komputer e-faktur dengan Internet (serius)
  • Walaupun sudah zamannya online atau istilahnya realtime, bukan berarti langsung bisa digunakan nomor NTPN-nya karena itu semua butuh proses untuk mengaitkan atau menyamakan data antara bank dan server e-faktur (syncronize). Sebaiknya lakukan transaksi 1 hari sebelum input SSP, sekalipun dadakan tunggu antara 30 menit sampai dengan 45 menit (tergantung situasi) baru lakukan penginputan SSP.
  • Pastikan penginputan pada formulir induk-1111 tidak ada yang salah seperti nominal pembayaran, tanggal transaksi pembayaran dan nomor NTPN (hati-hati suka salah input nol dibaca O atau sebaliknya) Tapi tenang sekalipun salah input NTPN nanti systemnya juga bakal info error etax-60011 dan etaxservice-50001, kita tinggal mngulang input dan memperbaiki nomor ntpn dengan yang benar.
  • Jika sudah coba ganti antara nol dengan O atau sebalikya segera lakukan simpan
  • Apabila berhasil maka akan tampak seperti gambar dibawah ini :
  • Berhasil menyimpan SSP
    Berhasil menyimpan SSP
  • Jangan lupa juga pada formulir 1111 bagian VI klik simpan

Itulah cara mengatasi error etax-60011 yang gagal menyimpan ssp dan etaxservice-50001 ssp tidak valid, mudah-mudahan masalah kamu teratasi terkait aplikasi e-faktur.



Intinya error 60011 karena terjadi kesalahan input NTPN, biasanya nol dibaca O atau sebaliknya. Jadi periksa lagi nomor NTPN-nya dengan teliti.

Tips :

Sebisa mungkin lakukan pengimputan formulir 1111 dilakukan 1 hari setelah pembayaran atau paling tidak tunggu minimal 30 menit setelah transaksi pembayaran dari bank agar transaksi pembayaran benar-benar tercatat di database pajak.

Demikian cara mengatasi error etax-60011 gagal menyimpan SSP dan etaxservice 50001, apabila solusi diatas belum juga mengatasi masalah kamu, silahkan hubungi kring pajak di 1500200 atau juga KPP tempat anda mendaftar.

Terimkasih sudah berkunjung ke Blog Pengetahuan. Budayakan untuk berkomentar yang baik dan sesuai dengan materi postingan, komentar yang terlalu singkat kami anggap Spam dan tidak kami tanggapi
EmoticonEmoticon