7 Macam dan 2 Jenis Penyakit Kulit

Jenis-Jenis Penyakit Kulit – Apa obat penyakit kulit alami? Mempunyai kulit yang sehat serta mulus sudah tentu menjadi idaman setiap orang terutama para wanita. Berbagai perawatan pun mutlak dilakukan para wanita hanya untuk mendapatkan kulit yang sehat serta cantik. Tapi tak sedikit orang mengeluh dengan kulit yang kusam serta berbagai penyakit kulit yang dapat menyerang siapa saja dan kapan saja.

7 Macam2 Jenis Penyakit Kulit

Kenali sejak dini yuukk jenis penyakit apa saja yang bisa menyerang kulit kita, berikut jenis-jenis penyakit kulit berikut penjelasannya.
  1. Eksim
Gejala yang ditumbulkan dari penyakkit ini yaitu rasa gatal yang luar biasa terjadi pada kulit yang disertai dengan kulit memerah, bersisik dan pecah-pecah. Tidak hanya itu saja penyakit eksim pun bisa disertai dengan timbulnya benjolan seperti gelembung-gelembung kecil yang berair atau bernanah, tergantung pada jenis eksim yang dideritanya. Penyakit ini bisanya sering tumbuh pada bagian tubuh seperti kaki, tangan, telinga dan lipatan paha atau tida menutup kemungkinan tumbuh pada area tubuh lainnya.
Jenis eksim terbagi menjadi dua jenis yaitu eksim basah dan eksim kering.penyakit kulit
Keluhan atau gejala yang terjadi pada penderita eksim basah seperti tubuh terasa menggigil. Gejala eksim basah timbul karena disebabkan alergi terhadap rangsangan  zat kimia tertentu seperti alergi terhadap deterjen, obat-obatan, sabun serta kosmetik. Tidak hanya disebabkan zat kimia hal ini juga bisa disebabkan oleh makan tertentu contoh udang, telur, daging, ikan laut, susu hewani, vetsin serta alkohol atau pun penyebab lainnya yang ada dilingkungan.
  1. Bisul
Timbulnya bisul disebabkan karena adanya infeksi bakteri stafilokokus aureus  terhadapa kulit , melalui folikel rambut, kelenjar, keringat, kelenjar minyak yang akhirnya menimbulkan infeksi lokasi. Bisul adalah jenis penyakit infeksi yang terjadi pada kulit berupa benjolan yang lama-kelamaan  benjolan ini akan membesar serta mengeluarkan cairan berupa nanah, terasa panas serta berdenyut.
Penyakit bisul biasanya bersarang pada area tubuh yang lembab seperti lipatan paha, leher, ketiak, sela bokong dan kepala. Penyakit ini muncul biasanya dipicu oleh beberapa faktor seperti kurangnya menjaga kebersihan, kosmetik yang menyumbat, luka yang terinfeksi, pemakaian bahan kimia serta pelemahan diabetes.
  1. Kudis
Penyakit ini merupakan jenis penyakit yang dikarenakan  adanya parasit tungau yang gatal yaitu sarcoptes scabiei var homonis. Gejala yang timbulkan dari penyakit ini seperti rasa gatal yang luar biasa yang menyerang bagian tubuh terutama sela-sela jari tangan, kaki, bawah ketiak, pinggang bahkan alat kencing.
Kudis merupakan penyakit yang mudah sekali menular baik secara langsung dengan bersentuahn kulit  ataupun secara tidak langsung seperti pemakaian sabun, handuk ataupun pakaian yang dipakai secara bergantian.
  1. Kurap
Jenis penyakit ini timbul disebabkan oleh jamur, gejala yang dirasakan seperti kulit menjadi tebal serta timbul lingkaran-lingkaran yang bersisik, gatal, lembab, berair dan gatal. Kurap biasanya menyerang bagian tubuh tertentu seperti tengkuk, leher serta kulit kepala.
  1. Kanker kulit malanon
Jenis penyakit ini merupakn jenis penyakit yang serius sehingga bisa menyebabkan kematian pada si penderitanya jika tidak segera diobati. Timbulnya gejala ini disebabkan adanya perubahan pada tahi lalat yang membesar serta adanya gejala-gajala peradangan disekitar tahi lalat.
  1. Jerawat
Jerawat merupakan salah satu penyakit kulit yang sering sekali timbul dan terjadi pada setiap manusia. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang brkembang pada kulit dan menghubungkan pori-pori dengan kelenjar minyak dibawah kulit.
  1. Campak
Penyakit campak merupakan jenis penyakit yang menular dan disebabkan oleh infeksi virus, penyakit campak ini bisanya menyerang anak-anak dengan gejala seperti demam, pilek, bersin, badan lemas, menurunnya nafsu makan anak dan dapat mengalami peradangan pada mata. Setelah beberapa hari akan muncul ruam kemerahan yang dapat membesar dan menyebar keseluruh bagian tubuh. Cara pencegahnnya dapat dilakukan vaksin dan imunisasi yang teratur sejak dini.


Bagaimana apakah anda sudah terbebas dari beberapa jenis penyakit kulit diatas? sebetulnya masih banyak lagi macam-macam penyakit kulit selain yang disebutkan diatas! Salah satu cara agar terhindar dari penyakit kulit yaitu dengan menjaga kebersihan kulit, mandi yang teratur, memakai alat mandi tidak bersamaan, menjaga kesehatan lingkungan, serta makan makan yang sehat serta bergizi.
Nah itulah beberapa uraian mengenai jenis-jenis penyakit kulit, semoga informasi diatas bermanfaat dan adan jadi semakin tahu. semoga anda selalu dalam keadaan yang  sehat.

Obat penyakit kulit alami

Kenali berbagai aneka macam obat alami untuk mengobati penyakit kulit. Di Negara Indonesia tidak hanya kaya akan rempah-rempah, tetapi juga kaya akan berbagai macam tanaman dan tumbuhan yang dapat dijadikan obat alami untuk mengobati berbagai jenis penyakit yang salah satu diantaranya yaitu penyakit kulit.

Jenis obat alami untuk penyakit kulit

diantaranya yaitu:
1. Penyakit eksim
Penyakit ini dapat diobati dengan menggunakan jahe dan lobak.
Caranya yaitu : cuci bersih jahe dan lobak diair yang mengalir, lalu parut keduan bahan tersebut diwadah yang berbeda. Setelah itu peras dan ambil air jahe, lalu campurkan pada parutan lobak dan bentuk sampai menjadi pasta. Kemudian gunakan ramuan tersebut dengan cara mengoleskan pada kulit yang terkena eksim.
2. Penyakit panu, kadas dan kurap
Bahan alami untuk mengobati penyakit ini, anda dapat menggunakan lengkuas.
Caranya yaitu: ambil lengkuas yang sudah dibersihkan terlebih dahulu. Setelah itu iris lengkuas dan oleskan irisan lengkuas tersebut pada kulit yang terkena penyakit. Jika terasa sedikit panas pada kulit, ini menandakan obat mulai bereaksi.
3. Mengobati penyakit kudis pada anak-anak
Bahan alami yang digunakan yaitu dengan air rebusan batrawali.
Caranya yaitu: siapkan satu batang batrawali kurang lebih 1 meter, lalu potong-potong dan rebus dengan menggunaka 4 liter air. Godok potongan batrawali sampai mendidih, lalu tuangkan kedalam ember. Kemudian campurkan air godokkan dengan air dingin sampai hangat-hangat kuku. Terakhir mandikan anak dengan dengan air tersebut, secara teratur samapi penyakit tesebut hilang.
4. Mengobati penyakit bisul
Untuk mengobati penyakit ini anda bisa menggukan mahkota bunga teratai.
Caranay yaitu: bakar mahkota bunga teratai sampai menjadi abu, setelah menjadi abu lalu oleskan abu tersebut pada kulit yang terkena bisul. Tidak hanya itu saja abu mahkota bunga teratai juga sangat ampuh untuk menyembukan penyakit eksim.
5. Mengobati berbagai penyakit kulit
Untuk mengobati berbagai penyakit kulit seperti gatal-gatal, kutil serta luka pada kulit.
Caranya yaitu: menggunakan tanaman biduri dan minyak kelapa. Caranya panaskan tanaman biduri dengan minyak sampai layu, lalu tempelkan pada area kulit yang bermasalah.
6. Mengobati kutil dan borok
Untuk mnegobati penyakt borok anda bisa menggunaka jambu monyet, bukan dengan daging, daun atau kulit buah monyet tapi menggunak getah dari buah jambu monyet.
Caranya cukup mudah yaitu dengan meneteskan getah dari buah jambu monyet pada kulit anda yang borok.
Untuk kulit anda yang terkena kutil, kali ini anda bisa menggunakan daun dewa.
Caranya yaitu: ambil beberapa helai daun dewa yang sudah dicuci bersih terlebih dulu, setelah itu tumbuk daun dewa sampai benar-benar halus. Kemudian lumurkan pada kulit yang terkena kutil sampai benar-benar melekat, diamkan selama satu hari lalu bersihkan keesokan harinnya.
Demikianlah informasi tentang obat penyakit kulit alami. semoga informasi diatas bermanfaat.

Terimkasih sudah berkunjung ke Blog Pengetahuan. Budayakan untuk berkomentar yang baik dan sesuai dengan materi postingan, komentar yang terlalu singkat kami anggap Spam dan tidak kami tanggapi
EmoticonEmoticon